Gadget

Bakal Bisa Buka Kunci Mobil Pakai iPhone

  • 07 February 2020
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Apple telah merilis versi beta dari sistem operasi terbarunya, iOS 13.4, namun baru bisa dicicipi oleh para developer. Selain beberapa peningkatan kinerja dan perbaikan bug, Apple kabarnya membawa satu fitur baru dalam iOS tersebut, CarKey.

    Fitur ini diyakini akan membawa pengalaman baru untuk para pemilik mobil. Bayangkan membuka dan mengunci mobil hanya dengan menggunakan iPhone, bahkan kabarnya bisa juga untuk men-starter mobil.

    Dilaporkan 9to5Mac, iOS Beta 13.4 menunjukkan ada API dengan nama CarKey. Dalam fitur tersebut dijelaskan jika proses pengendalian mobil tak hanya bisa dilakukan melalui iPhone tapi juga Apple Watch.

    Baca juga: Huawei P40 Gak Pakai Layanan Google?

    Menurut keterangan file sistem tersebut, fitur ini akan berfungsi dengan mobil apa pun yang memiliki NFC di dalamnya, dan pengguna cukup memegang iPhone atau Apple Watch di dekat mobil untuk membuka.

    Pengguna juga dimungkinkan untuk melakukan itu semua tanpa harus melewati proses otentikasi Face ID, Touch ID atau Passcode, selama fitur Express Mode aktif. Prosesnya sama dengan saat pengguna mengaktifkan Express Transit Mode yang memungkinkan pengguna membayar lewat perangkat tanpa otentikasi iPhone maupun Apple Watch.

    Namun jika ingin melakukan otentikasi setiap saat, pengguna bisa melakukannya dengan  mematikan Express Mode di aplikasi Wallet.

    "Untuk menggunakan CarKey, tahan iPhone atau Apple Watch untuk membaca. Fitur ini akan bekerja tanpa harus menggunakan FaceID. Anda bisa mengubah Express Mode di pengaturan Wallet," tulis Apple.

    Selain itu, dalam keterangan tersebut juga terungkap jika fitur CarKey memungkinkan pengguna untuk berbagi akses mobil ke siapapun orang yang dipercaya. Akses membuka dan mengunci atau men-starter mobil bisa diberikan kepada teman dekat atau keluarga.

    Namun sayang, fitur ini belum akan dipasarkan ke publik. Apple saat ini masih mencari peluang untuk bekerja sama dengan pabrikan mobil guna meramaikan CarKey.