icon-category Music

Band Reggae Bisa Tampil di Aceh, Base Jam Malah Dibubarkan

  • 09 Jul 2019 WIB
  • Bagikan :

    Base Jam (Foto: Instagram @basejamofficial)

    Uzone.id - Grup band Base Jam kebagian tampil sekitar pukul 23.15 WIB di acara penutupan Aceh Culinary Festival (ACF) 2019 yang digelar di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Minggu (7/7).

    Namun, baru 4 lagu dinyanyikan, tiba-tiba ada massa dari Tim Aswaja Aceh yang memaksa para personel untuk menghentikan penampilannya. Saat itu, Base Jam sedang menyanyikan lagu hit milik mereka, 'Bukan Pujangga'.

    Tim Aswaja Aceh menganggap acara musik tidak mematuhi aturan Syariat Islam di Aceh. Mereka sebelumnya meminta agar Base Jam menyanyikan lagu daerah Aceh dan religi.

     

    Baca juga: Kronologi Konser Base Jam Dibubarkan di Aceh Culinary Festival

    Baca juga: Sempat Dipaksa Berhenti, Base Jam Tidak Trauma Manggung di Aceh

     

    Menurut gitaris sekaligus manager Base Jam, Ardi Isnandar atau Aris, pihaknya dibuat bingung karena beberapa pihak banyak yang antusias menunggu penampilan bandnya hingga pukul 00.00 WIB dan sudah masuk ke hari Senin.

    "Kita juga bingung lanjut atau enggak karena banyak yang justru minta foto lah, apa lah, terbelah banget. Saya diberitahu sama Ibu PLT Gubernur sebelum pulang besoknya, istri PLT (gubernur) ya karena pembina acara ini ibu Diah Herawati kalau tidak salah, itu justru ini memang oknum sebagian kecil yang tidak setuju," tutur Aris saat diwawancara Uzone.id, Selasa (9/7/2019).

    Selain itu, pihaknya juga bingung alasan dari massa yang tetap memaksa Base Jam turun dari panggung karena permintaan sudah dituruti.

    "Beberapa foto udah dicabut, baju sudah syari tidak mengumbar aurat. Musik base jam bukan musik metal-metalan," kata Aris.

    Dia lalu membandingkan dengan penampilan band lokal Aceh mengusung genre reggae di Aceh Culinary Festival.

    "Bahkan band lokalnya reggae kan agak absurd gitu, tapi gak masalah tidak jadi permasalahan, tapi anehnya pas kita naik kenapa gak dari awal aja gak boleh tampil, tapi gak apa-apalah, pengalaman he-he-he," tutur Aris.

    Tim Aswaja Aceh sempat mempermasalahkan materi poster promosi Base Jam di acara Aceh Culinary Festival yang dirancang oleh Tim Kreatif Generasi Pesona Indonesia (GenPI).

    Pertama, personel Sita tidak memakai kerudung. Kedua para personel berdiri di atas Masjid Raya Baiturrahman.

    Aris menjelaskan, Sita terlihat tidak menutup kepalanya pakai kerudung karena tim kreatif telah mengambil gambar personel Base Jam dari internet.

    Padahal, Aris sudah berusaha memberi masukan soal materi promosi untuk penampilan bandnya di Aceh.

    Line-up Base Jam saat tampil di Aceh Culinary Festival, yakni Sita (bass), Sigit (vokal), Aris (gitar), Oni (gitar), Alvin (keyboard) dan Alsa (drum). Vokalis Adon seharusnya ikut tampil, namun terkendala masalah kesehatannya.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : base jam reggae aceh 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini