home ×
Startup

Bangkitnya UMKM Bali, Untung 2x Lipat Meski Pandemi Melanda

19 August 2021 By
Bangkitnya UMKM Bali, Untung 2x Lipat Meski Pandemi Melanda
Share
Share
Share
Share

Foto: Kumpulan Essential Oil (Utama-Spice-Ubud) 

Uzone.idBali tidak hanya khas dengan wisatanya tapi juga produk herbal untuk kecantikan tubuh. Bahkan saat pandemi, brand kecantikan yang berkutat pada produk perawatan kulit (skin care) masih banyak dicari orang, terutama di platform marketplace. 

Salah satunya adalah Utama Spice yang menjual produk kesehatan kulit mulai dari essential oil, butter cream, sampai sunscreen. Meski pandemi melanda dan sempat terpukul bisnisnya, brand yang dulunya merupakan usaha rumahan kini menjelma menjadi produsen produk kecantikan yang telah berhasil menjangkau seluruh Indonesia.

Ria Templer, Co-Founder Utama Spice mengisahkan jika saat awal pandemi melanda, penjualannya sempat turun drastis bahkan sampai 80 persen. Menurunnya omzet membuat mereka harus memutar otak untuk tetap berdiri. Maklum, misi awal Utama Spice adalah membuka peluang kerja bagi perempuan. Tidak heran jika sejak pertama berdiri, ibu dari Ria (Melanie Templer, yang merupakan pendiri Utama Spice) kerap mempekerjakan perempuan yang merupakan tulang punggung keluarga. Sampai saat ini, 90 persen pekerja Utama Spice adalah perempuan.

Baca juga: Riset UMKM, Tokopedia Berikan Omzet Terbesar

“Pandemi membuat bisnis kami sempat turun 80 persen karena banyak tempat spa di Bali yang tutup. Sebelumnya, ada lebih dari 100 fasilitas spa dan hotel yang kami suplai. Sekarang hanya 30 saja. Makanya kami fokus penjualan di media sosial dan marketplace Tokopedia. Ini sangat membantu mendongkrak penjualan kami,” ujar Ria dalam keterangannya, Senin, 16 Agustus 2021.

Lewat Tokopedia, Ria merasakan berbagai manfaat terhadap penjualan produk Utama Spice. Bahkan omzet Utama Spice saat ini bisa mencapai sekitar Rp50-Rp100 juta lebih per bulan di mana lebih dari 50 persen berasal dari penjualan di Tokopedia saja. Meski ada media sosial, lanjut Ria, pelanggan bisnisnya kebanyakan tetap memilih Tokopedia sebagai sarana transaksi karena fasilitas pembayarannya memang lebih mudah dan nyaman.

“Saya melihat Tokopedia sangat tepercaya. Jadi, konsumen juga lebih percaya jika kita menggunakan Tokopedia. Selain itu, return of investment dari TopAds yang kita lakukan juga jauh lebih tinggi daripada di marketplace lain atau di media sosial,” ungkapnya.

Beberapa fitur yang digunakan oleh Utama Spice di antaranya seperti TopAds, Bebas Ongkir dan juga Broadcast Chat. TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang bisa digunakan oleh seluruh Merchant di Tokopedia. Ria merasa fitur ini sangat membantunya untuk menjangkau konsumen baru. 

Baca juga: Jangkauan Makin Luas, Mitra Tokopedia Untung 2x Lipat

“Penjualan online di Tokopedia benar-benar bisa membangkitkan semangat kami kembali meski diterpa pandemi karena meningkat dibanding tahun lalu. Bahkan kenaikannya sampai dua kali lipat meski ada PPKM,” kata Ria.

Memang banyak penjual produk kecantikan yang terkendala interaksi dengan konsumen saat berjualan, khususnya untuk membuat konsumen bisa mencoba produk yang dijajakan. Namun hal itu telah diantisipasi oleh Utama Spice dengan memberikan free sample atau produk contoh, gratis kepada konsumennya.

“Tokopedia juga membantu kami untuk meningkatkan pelayanan yang kami berikan kepada pelanggan. Mereka selalu memberikan feedback apa yang kurang dari pelayanan kami sehingga calon pelanggan lain pun bisa mengenal produk kita, dan pelanggan yang sudah loyal pun bisa mengenal lebih baik lagi,” kata Ria.

Walhasil, kata Ria, produk kecantikan dan perawatan kulit, terutama essential oil buatan Utama Spice telah dikenal ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk Timika, Batam, sampai Papua.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id