icon-category Startup

Bantu UMKM Go Digital, LinkAja Gandeng 2 Startup Ini

Uzone.id - LinkAja turut ambil bagian dalam gelaran BUMN Startup Day 2022 yang dihelat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Dukungan yang diberikan LinkAja untuk kegiatan inisiatif Kementerian BUMN ini berupa peresmian kolaborasinya dengan startup Feedloop dan EdenFarm.

Feedloop merupakan startup yang fokus untuk memudahkan proses digitalisasi dalam aplikasi melalui adanya low code development platform. Sementara EdenFarm, mendukung penuh ketahanan pangan Indonesia melalui digitalisasi.

Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen LinkAja untuk menghadirkan solusi digital yang inovatif, bukan hanya untuk segmen usaha kecil dan menengah (UKM), tetapi juga bagi segmen korporasi yang lebih berdampak pada kemajuan dan penguatan ekosistem digital Indonesia yang berkelanjutan dan inklusif.

Kerja sama antara LinkAja dengan Feedloop dan EdenFarm ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman pada hari terakhir BUMN Startup Day 2022, Rabu (28/9). 

Pengesahan ini dilakukan oleh Ahmad Rizqi Meydiarso yang mewakili Direktur Utama PT Feedloop Global Teknologi, David Setyadi Gunawan selaku Direktur Utama PT Eden Pangan Indonesia (EdenFarm) dan Yogi Rizkian Bahar selaku Direktur Utama LinkAja, yang turut didukung oleh Mohamad Ramzy, Presiden Komisaris Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

“Telkomsel memiliki ekosistem digital yang komprehensif untuk mendukung digitalisasi para pelaku usaha, rintisan (startup) dan entitas BUMN melalui kolaborasi strategis,” ucap Mohamad Ramzy pada kesempatan terpisah.

Baca juga: LinkAja Bersama Kartu Prakerja Dorong Kompetensi Generasi Muda di Kalbar

“Ragam program akselerator dan inisiatif digital kami berfokus pada percepatan dampak bisnis. Pada BUMN Startup Day tahun ini, kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang dihadirkan LinkAja sebagai layanan keuangan digital yang mewujudkan perluasan digitalisasi di Indonesia,” sambungnya.

Melalui keterangan resmi yang diterima Uzone.id pada Sabtu (1/10), Feedloop dan EdenFarm dinilai sejalan dengan misi LinkAja untuk mempercepat inklusi keuangan di Indonesia. 

Bersama Feedloop, LinkAja ingin menunjukkan dukungannya kepada digital enabler untuk pelaku usaha dalam memajukan bisnis, membantu sektor korporasi serta UMKM melalui teknologi.

Kerja sama ini diharapkan mampu menghadirkan kemudahan opsi pembayaran dalam ekosistem kedua belah pihak untuk diterapkan dalam platform low code. Feedloop yang merupakan salah satu perusahaan portofolio Telkomsel Mitra Inovasi, mampu mendorong UMKM untuk berinovasi lebih gesit, melalui teknologi canggih untuk membangun aplikasi yang siap digunakan atau berfungsi sebagai inti dari sistem operasi bisnis.

Adapun kerja sama yang dijalankan dengan LinkAja meliputi pengembangan bersama solusi Software as a Service melalui platform low code dan pemasaran produk B2B LinkAja.

“Kami antusias sekali dengan terjalinnya kolaborasi ini. Kami memiliki keselarasan misi dengan LinkAja yang berfokus untuk meningkatkan digitalisasi, dimana fokus kami adalah membuka peluang-peluang baru bagi bisnis untuk tumbuh lebih cepat melalui proses digitalisasi,” ujar Ahmad Rizqi.

Kolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan petani

Sedangkan kolaborasi dengan EdenFarm menjadi salah satu bentuk kerjasama strategis yang diyakini mampu mendorong digitalisasi pembayaran dalam sektor ekosistem pangan di Indonesia.

EdenFarm sendiri dinilai menjadi pionir startup rantai pasokan pangan dengan fokus pelanggan B2B. 

Perusahaan rintisan ini memiliki visi untuk menyederhanakan rantai pasokan pangan B2B di Indonesia melalui konsistensi permintaan yang akurat, berbagai pelatihan, serta bantuan teknologi.

Semuanya dilakukan demi memberdayakan ekosistem pangan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan bagi petani, pelaku usaha pangan, dan kuliner. 

Saat ini, EdenFarm bermitra dengan lebih dari 4.000 petani. Kerja sama yang dijalankan LinkAja meliputi pengembangan layanan pembayaran secara digital untuk pelanggan B2B dan pelaksanaan loyalty program terhadap pelanggan B2B EdenFarm dan penggunaan metode Instant User Registration.

“Saat ini EdenFarm memiliki lebih dari 50.000 pelanggan di segmen B2B, mulai dari pelapak sayur, warung makan, hingga horeka. Kami melihat LinkAja memiliki berbagai fitur yang dapat berguna bagi customer kami, sehingga dengan adanya kerja sama ini para customer EdenFarm memiliki opsi pembayaran yang lebih mudah untuk berbelanja di EdenFarm, sekaligus membayar tagihan kebutuhan sehari-hari dengan LinkAja,” ujar David.

Baca juga: LinkAja Syariah Raih Penghargaan Layanan E-Wallet Terbaik 2022

Direktur utama LinkAja jadi mentor bagi startup

Selain menjalin kolaborasi strategis, sebagai bentuk kontribusi dan interaksi langsung LinkAja dengan perusahaan rintisan buatan lokal dalam BUMN Startup Day 2022, Direktur Utama LinkAja, Yogi Rizkian Bahar berkesempatan menjadi mentor dalam sesi Rapid Mentoring bagi startup Jasaconnect, Chatat.id, dan Gocement.

Dalam sesi mentoring ini, Direktur Utama LinkAja menyampaikan pandangan dan pengalamannya, menginspirasi para pendiri startup dalam membangun ekosistem bisnis yang kuat.

Melalui ekosistem layanan transaksi keuangan elektronik yang lengkap dan terintegrasi, konsistensi dan komitmen LinkAja dalam upayanya untuk #SatukanPotensiIndonesia semakin terealisasi. Dengan mengoptimalkan seluruh layanan yang diunggulkan oleh setiap BUMN LinkAja optimis dapat memenuhi kebutuhan transaksi digital yang aman dan nyaman, serta semakin mempercepat proses inklusi keuangan yang merata di Indonesia.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini