icon-category Health

Tanya Dokter: Benarkah Bawang Putih Bisa Membantu Mengobati Bisul?

  • 12 Nov 2018 WIB
Bagikan :

(Ilustrasi/Pixabay)

Uzone.id - Setiap orang tentu pernah mengalami bisul. Mengutip WebMD, bisul merupakan infeksi yang umum terjadi di sekitar kulit. Bisul muncul sebagai benjolan merah yang lambat-laun berisi nanah.

Bisul bisa muncul di mana saja. Namun, umumnya, bisul sering terjadi di area wajah, leher, ketiak, bahu, punggung, dan bokong.

Daerah-daerah yang banyak folikel rambut, berkeringat, dan area yang sering terjadi gesekan seperti paha dalam juga kerap menjadi tempat langganan timbulnya bisul. Bisul juga bisa terjadi di sekitar telinga atau hidung.

Baca: Tanya Dokter: Mengapa Pusing Saat Olahraga? 

Sebagian besar bisul disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini bisa masuk ke folikel rambut melalui goresan atau luka di kulit. Bisul juga bisa terjadi karena pori-pori yang tersumbat.

Beberapa upaya bisa membantu mengobati bisul. Misalnya, mengompres bisul dengan air hangat, membersihkan bisul yang pecah dengan kain kasa beserta alkohol, dan lainnya.

Baca: Awas, Generasi O Berisiko Terserang Penyakit Tidak Menular

Namun ada pula yang menganggap bahwa mengobati bisul bisa dilakukan dengan mengoleskan bawang putih yang sudah ditumbuk ke area bisul. Apakah tindakan ini tepat? Atau justru dapat menimbulkan masalah lain yang lebih parah?

Untuk mengetahuinya, kamu bisa menyimak video Tanya Dokter Uzone.id bersama dr. Kartika Mayasari dari Jasmine Beauty Care berikut ini.

 

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini