icon-category Health

Bayi Laki-laki Lebih Rentan Terserang Stroke Bayi

  • 12 Dec 2016 WIB
  • Bagikan :
    hellosehat-1

    Anda tahu bahwa bayi laki-laki lebih rentan mengalami stroke dari bayi perempuan? Fakta mengejutkan lainnya yaitu stroke neonatal lebih mempengaruhi anak laki-laki dibandingkan anak perempuan. Stroke neonatal adalah stroke yang terjadi pada satu bulan pertama kelahiran. Karena stroke neonatal terjadi ketika bayi sangat muda, ini dapat menyebabkan berkembangnya masalah lain seperti cacat fisik, ketidakmampuan belajar, dan bahkan mungkin gangguan perilaku dan emosional.

    Ketika bayi yang baru lahir mengalami stroke, otak bayi menderita kelainan yang membuat anak yang sedang tumbuh kesulitan memproses informasi atau menghasilkan gerakan fisik normal. Stroke neonatal dapat mengurangi kemampuan anak belajar keterampilan penting di kemudian hari. Stroke dan konsekuensi jangka panjangnya telah ditemukan memiliki dampak yang lebih serius pada anak laki-laki dari pada anak perempuan.

    Beberapa faktor risiko stroke neonatal adalah masalah kehamilan yang dialami ibu, seperti penyalahgunaan narkoba, trauma fisik, atau emosional dan infeksi berat. Faktor risiko lain termasuk cacat lahir yang mempengaruhi jantung bayi, pembuluh darah, otak, atau fungsi pembekuan darah. Pertanyaannya adalah kenapa faktor risiko ini lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada perempuan?

    Perbedaan jenis kelamin/stroke antara bayi dan orang dewasa


    Secara keseluruhan, stroke lebih sering terjadi pada wanita dewasa dibandingkan pada pria dewasa. Stroke pada orang dewasa disebabkan oleh sejumlah masalah kesehatan lama seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit cerebrovascular.

    Karena wanita cenderung hidup lebih lama, efek kumulatif dari penyakit ini berpengaruh terhadap lebih tingginya risiko perempuan terkena stroke selama sisa hidupnya.

    Namun stroke neonatal berbeda. Stroke ini biasanya merupakan konsekuensi dari sebuah cacat jantung genetik bawaan atau bahkan kehamilan traumatis, bukan masalah kesehatan jangka panjang. Namun demikian,  ini masih tidak menjelaskan perbedaan stroke antara bayi laki-laki dan bayi perempuan.

    Mengapa bayi laki-laki lebih sering terkena stroke dari pada bayi perempuan?


    Sebuah percobaan penelitian yang dirancang untuk menjawab pertanyaan misterius ini mengevaluasi tikus yang baru lahir untuk melihat apakah mereka bisa memberikan petunjuk untuk menjelaskan mengapa ada perbedaan antara stroke pada bayi laki-laki dan bayi perempuan.

    Ternyata tikus jantan yang baru lahir memiliki reaksi biologis yang lebih kuat pada stroke, termasuk radang yang parah. Respon inflamasi terhadap stroke ini memproduksi racun dalam jaringan otak tikus yang membuat tingkat keparahan stroke jauh lebih buruk pada bayi tikus jantan daripada bayi tikus betina.

    Percobaan penelitian menunjukkan bahwa bayi laki-laki mungkin memiliki reaksi yang sama dengan iskemia yang dihasilkan oleh stroke pada bayi tikus laki-laki. Reaksi inflamasi yang parah ini membuat stroke jauh lebih buruk bagi bayi laki-laki daripada bayi perempuan. Hal ini mungkin menjelaskan perbedaan gender manusia mengenai risiko stroke neonatal yang lebih tinggi pada anak laki-laki.

    Apa artinya ini bagi orangtua?


    Stroke neonatal yang terjadi pada beberapa bulan pertama berdampak pada perkembangan otak. Anak-anak yang mengalami stroke neonatal mungkin perlu evaluasi dan intervensi khusus untuk memaksimalkan kemajuannya sepanjang hidup. Orangtua bayi yang telah mengalami stroke menghadapi sejumlah tantangan, termasuk kemungkinan terjadinya epilepsi pada anak. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana menghadapi tantangan ini.

    Pencegahan


    Pencegahan terbaik mengatasi stroke neonatal adalah kehamilan yang sehat, termasuk upaya terbaik ibu untuk menghindari obat-obatan, rokok, stres yang ekstrem, traum,a dan infeksi. Perawatan medis yang baik juga merupakan tindakan pencegahan penting untuk melawan stroke neonatal karena dapat membantu  mendeteksi dini masalah yang meningkatkan risiko stroke, seperti cacat jantung bawaan pada saat janin tumbuh. Seringkali, ketika cacat terlihat sebelum lahir atau segera setelah lahir, kecacatan ini dapat diperbaiki secara efektif untuk meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan.

    BACA JUGA:

    The post Bayi Laki-laki Lebih Rentan Terserang Stroke Bayi appeared first on Hello Sehat.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini