icon-category Digilife

Deretan Fitur Tersembunyi Netflix, Pengguna Wajib Tahu Nih!

Bagikan :
Foto ilustrasi: Unsplash

Uzone.id - Berbicara soal hiburan secara on-demand, Netflix menjadi salah satu layanan yang diunggulkan kebanyakan orang berkat kontennya yang beragam. Ternyata oh ternyata, yang beragam tak hanya konten film dan serialnya saja, tapi juga fitur tersembunyi di dalamnya.

Mungkin para pengguna selama ini hanya menghabiskan waktu untuk menonton konten di Netflix, atau sibuk memasukkan tayangan apa saja ke dalam Watchlist sampai-sampai nggak sadar ada beberapa fitur terselubung yang sebenarnya wajib kita ketahui.

Kira-kira apa saja, ya? 

1. Mengkustomisasi subtitle

Menonton konten Netflix memang sangat asyik, akan tetapi ada beberapa penonton yang juga suka menonton konten yang lebih spesifik seperti Anime atau K-drama dalam bahasa dan subtitle aslinya.

Sekarang kalian bisa melakukan pengaturan subtitle dari jenis font, ukuran, bayangan teks dan menambah latar belakang.

Baca juga: Netflix, Microsoft hingga TikTok Ikut Boikot Rusia

Kalian harus membuka Netflix di browser lalu memilih profil dari halaman akun, klik pada tampilan subtitle untuk mengubah pengaturan, setelah itu klik simpan

Ini dapat dilakukan pada setiap profil akun Netflix kalian. Kalian juga harus memuat ulang aplikasi yang ada di TV agar ubahan tersebut bisa diterapkan.

2. Netflix Roulette

Netflix Roulette adalah sebuah fitur yang dapat memunculkan acara atau film Netflix secara acak, layaknya fitur “mainkan apa saja”.

Fitur ini memungkinkan kalian memfilter berdasarkan genre dan peringkat IMDb agar mendapatkan tontonan yang diinginkan, dan atau kalian.

Caranya kalian masuk ke situs web Netflix Roulette lalu pilih genre yang kalian suka, tipe tayangan, IMDb, dan Rotten Tomatoes. Setelah itu tekan spin dan nanti akan keluar rekomendasi film atau serial.

3. Gunakan kode kategori untuk akses konten

Pengguna Netflix ketika ingin mencari konten yang ingin ditonton agak sedikit kebingungan karena banyaknya kategori yang ada.

Sekarang kalian dapat dengan mudah melakukan pencarian dengan memasukan digit kode tersembunyi, untuk mempersempit pencarian kalian untuk judul dalam genre tertentu.

Foto: Unsplash

Misalnya, kalian masukan kode 43040 pada kolom Search, maka akan muncul film bergenre Action Comedy.

Untuk kode lebih lengkapnya kalian bisa mencarinya di internet dengan keyword 'Netflix Categories Codes'. Lumayan nambah-nambah pengetahuan ringan.

4. Mengunduh video untuk ditonton

Ketika melakukan streaming, kita membutuhkan koneksi internet yang aman untuk tetap lancar menonton. Seringkali juga kita tiba-tiba bosan di dalam perjalanan darat, laut, atau udara dan ingin nonton film atau serial, tapi nggak semua wilayah memiliki jaringan internet kencang.

Sekarang Netflix memberikan kemudahan untuk kailan dapat men-download atau mengunduh film atau episode dari serial tertentu ke ponsel, laptop, atau perangkat lainnya.

Baca juga: Invasi Rusia ke Ukraina Merembet ke Perang TikTok

Caranya mudah, cukup buka aplikasi di ponsel, tablet, atau komputer kalian. Arahkan pada judul yang kalian inginkan. Jika tersedia untuk di-download maka kalian akan melihat tombol download di bawah opsi putar.

5. Fitur deskripsi audio 

Netflix memiliki fitur Deskripsi Audio yang sangat berguna bagi pengguna yang memiliki gangguan pada penglihatan. 

Saat fitur ini diaktifkan maka suara yang ada akan menggambarkan bagaimana ekspresi wajah, pakaian, lingkungan, gerakan tubuh, dan elemen lain yang muncul.

Untuk mengaktifkannya, putar video Netflix, lalu ketuk layar pada ponsel, tablet, atau komputer. Pilih kotak ikon 'Dialog' untuk meilihat bahasa yang tersedia untuk deskripsi audio.

6. Memberi password pada akun Netflix

Salah satu keunggulan berlangganan Netflix adalah pengguna bisa berbagi akun dengan teman atau anggota keluarga.

Tipe subscription tertinggi di Netflix memungkinkan untuk membuat 5 profil Netflix sekaligus. Tujuannya agar masing-masing pengguna bisa mengatur daftar tontonan, preferensi bahasa, hingga tampilan subtitle-nya sendiri.

Nah karena digunakan secara berbarengan, agar tidak terjadi hal yang diinginkan makan pengguna bisa mengunci profilnya dengan PIN.

Mengunci profil Netflix juga bisa melindungi anak-anak agar tidak menonton konten yang tidak sesuai yang tersedia di Netflix.

Berikut cara mengunci profil Netflix:

  1. Melalui browser, buka halaman akun Netflix
  2. Buka pengaturan Profile & Parental Controls untuk profil yang ingin dikunci
  3. Ubah pengaturan Profile Lock
  4. Masukkan password akaun Netflix
  5. Centang kotak Require a PIN to Access
  6. Setelah itu masukan 4 digit PIN yang kalian inginkan, Nomor PIN ini harus kalian ingat karena akan dibutuhkan setiap masuk ke profil kalian
  7. Terakhir klik Save, selesai. 

VIDEO: Review Realme Narzo 50

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini