icon-category Gadget

Beda Focus Mode dan Riding Mode di ColorOS 7

  • 30 Jun 2020 WIB
Bagikan :

 

Uzone.id - Bermain smartphone memang kerap membuat lupa diri. Bahkan ada larangan untuk tidak boleh menggunakan smartphone saat berkendara agar pengemudi tidak terdistraksi. Nah di smartphone Oppo ada beragam fitur yang bisa membantu pengguna untuk tetap fokus.

Fokus di sini dalam artian bukan fokus bermain game di smartphone atau memainkan jari di smartphone saat berjalan atau berkendara. Sebaliknya, fokus berjalan atau berkendara tanpa harus terganggu oleh notifikasi yang masuk ke smartphone sehingga menggugah kita untuk dikit-dikit melihat layar smartphone,

Fitur yang bisa membuat kita terlupakan sejenak untuk bermain smartphone adalah Focus Mode. Ada juga namanya Riding Mode. Kalau Focus Mode tadi dimaksudkan untuk menemani bekerja atau belajar, maka Riding Mode dirancang untuk mendampingi berkendara.

Namanya juga mode fokus, artinya benar-benar membantu kita untuk fokus pada satu tugas tertentu. Fitur ini akan memblokir semua notifikasi dari aplikasi tertentu. Untuk lebih rileks saat fokus pada kerjaan, di dalam fitur ini juga ada iringan lagu khas alam yang diputar. Mulai dari suara ombak di laut, suara jangkrik dan lainnya. Dan notifikasi bisa disembunyikan untuk sementara waktu, dengan durasi yang ditentukan oleh pengguna sendiri.

Pada smartphone Oppo A92, fitur ini bisa diaktifkan melalui swipe down menu bar. Pilih Modes, lalu akan muncul tiga pilihan mode yang bisa diaktifkan. Standard Mode, Focus Mode dan Driving Mode.

Pilih Focus Mode dan atur perkiraan waktu berapa lama anda ingin smartphone ini tak mengganggu fokus dalam mengerjakan tugas. Nah, di bagian bawahnya lagi ada pilihan suara yang bisa mengiringi anda untuk fokus. Sila pilih suara yang anda anggap cukup bikin rileks. Lalu tekan tombol Start.

Beda dengan Riding Mode. Selama Riding Mode aktif, semua notifikasi akan dimatikan. Andai ada yang menelepon, perangkat bisa mengirimkan pesan balasan secara. Pesan balasan ini bisa disiapkan lebih dulu oleh pengguna sebelum Riding mode diaktifkan.

Aktivasi Riding Mode bisa dilakukan dengan cara yang sama, melalui pemilihan di menu Modes, yang muncul saat menu bar yang tersembungi di scroll ke bawah. Di sini kamu bisa memilih untuk menonaktifkan panggilan dan aplikasi-aplikasi yang kamu anggap cukup 'berisik'.

Selamat mencoba!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini