home ×
Gadget

Beda Laptop dengan Tablet Saat Dukung Kerja Desain Grafis

03 October 2020 By
Beda Laptop dengan Tablet Saat Dukung Kerja Desain Grafis
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Penggunaan laptop dan tablet ternyata memiliki 'rasa' yang berbeda, apalagi bagi seorang pekerja desain grafis. Seorang desain grafis dituntut untuk selalu kreatif, menciptakan ide-ide baru yang segar, juga semakin produktif. Apalagi di masa pandemi ini, saat semua orang terpaksa berada di rumah, produktivitas harus tetap jalan bagi seorang desain grafis.

Menggambar merupakan hal yang kerap dilakukan pekerja desain grafis sehingga penggunaan pensil atau alat tulis menjadi sebuah keharusan untuk menciptakan hasil gambar yang natural. Di sinilah beda ketika menggunakan tablet, ketimbang laptop.

"Laptop mendapatkan input dari dua hal saja, yakni mouse dan trackpad. Kedua input tersebut dianggap memberikan hasil gambar yang tidak natural. Menggambar lingkaran atau bujur sangkar akan lebih rumit menggunakan mouse atau trackpad. Berbeda dengan saat menggunakan S Pen di Galaxy Tab S7, yang memberikan hasil gambar alami seperti saat menggambar dengan alat tulis. Bobot tab pun ringan sehingga bisa dibawa kemana saja," ujar Teddy Sutedja, Program Director Digital Media Design dari LaSalle College, saat berbincang dengan Forum Wartawan Teknologi, Selasa kemarin.

Forwat - Teddy

Foto: Teddy Sutedja, Program Director Digital Media Design dari LaSalle College

Teddy menyebut salah satu tablet buatan Samsung itu karena dirinya mengaku telah lama menggunakan tablet dan menyimpan laptop-nya di gudang sejak 4 tahun lalu. Dia kini lebih banyak berinteraksi dengan tabletnya untuk bekerja, apalagi saat pandemi ini yang memaksanya bekerja di rumah saja.

“Samsung Dex, Multitasking Windows, layar dengan refresh rate 120Hz dan Samsung Pen merupakan fitur-fitur yang saya anggap paling Wow dalam tablet yang saya kenakan ini. Sebagai seorang Design Grafis, di tablet fitur paling sering dipakai adalah Sketching, lebih hemat kertas, lebih rapi ketika akan dipindah ke komputer atau langsung presentasi di depan klien karena menggunakan Samsung Dex, sekaligus menghemat waktu. Selain itu, tablet ini refresh rate-nya 120Hz dan 9ms latency, terasa natural sekali," jelasnya.

Samsung sendiri memang menjadi produsen yang paling eksis di pasar tablet. Setelah tahun lalu mengeluarkan Samsung Galaxy Tab S6, kini yang terbaru adalah Tab S7. Seperti yang dikatakan Teddy, tablet itu memang memiliki peningkatan yang cukup canggih untuk bisa tetap produktif selama di rumah. Fitur-fitur yang disebutkan Teddy di antaranya memiliki fungsi sebagai berikut,

Layar besar 
Samsung Galaxy Tab S7 memiliki layar 11 inci dengan LTPS LCD untuk Galaxy Tab S7 dan dan 12.4 inci Super AMOLED untuk Tab S7+. Artinya Tab S7 series akan memberikan pengalaman layar yang benar-benar jernih bagi para penggunanya. Apalagi tab ini sudah mendapatkan sertifikasi SGS untuk emisi blue light yang rendah. Emisi blue light yang rendah akan membuat mata tidak gampang lelah saat kalian bekerja dengan tablet ini.

IMG-3564

Samsung Dex
Fitur ini sudah mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Jika dipadukan dengan Book cover keyboard maka akan menghadirkan pengalaman menggunakan seperti menggunakan PC.  Samsung Tab S7 Series juga sudah dilengkapi dengan Multi-Active Windows sehingga bisa melakukan multi-tasking atau mengerjakan beberapa hal secara bersamaan di satu layar yang terbagi-bagi. 
Misalnya saat wartawan liputan, sambil merekam wawancara bisa juga sekaligus menulis catatan yang penting di S Notes, browsing Internet untuk memperkaya bahan pertanyaan saat wawancara. Dengan wireless DeX, kita bisa mendapatkan screen kedua yang akan makin memudahkan kerja di rumah.

S Pen
Ini merupakan salah satu keunggulan di tablet Samsung. S Pen di Tab S7 series sudah ditingkatkan dengan latensi yang lebih rendah dan analog-style pen yang akan menghadirkan pengalaman menulis yang alami.  Berpadu dengan S Notes terbaru, S Pen ini dapat dipakai untuk menulis catatan, mengolah dokumen atau PDF, dan melakukan aktivitas menggambar dengan baik.

Akses gratis ke Canva dkk
Selain hardware, Samsung juga bekerja sama dengan sejumlah vendor software kreatif untuk mendorong kreativitas agar tetap tinggi meski harus bekerja di rumah. Beberapa aplikasi yang sudah preloaded adalah 

  • Clip Studio Paint, yang merupakan andalannya para digital artist . Tersedia paket enam bulan gratis untuk versi premium Clip Studio Paint EX.
  • Noteshelf untuk menciptakan dan menyesuaikan virtual notebook serta membagikan kreasi. 
  • Canva untuk menciptakan postingan media sosial dan konten marketing yang eye-catching

IMG-3369

Refresh Rate 120Hz
Untuk sesekali bersantai, kita juga butuh hiburan, baik bermain game atau sekedar menonton. Tab S7 series hadir dengan prosesor Snapdragon 865 Plus dengan kemampuan CPU, GPU dan NPU yang sudah meningkat drastis. Semua demi menghasilkan kinerja yang tinggi untuk aktivitas multi-tasking dan video conferencing. Bagi yang hendak menikmati me time, prosesor ini mampu menghadirkan pengalaman menikmati gaming yang seru, termasuk refresh rate 120Hz yang membuat gaming makin dinamis dan respons lebih natural.

Dolby Atmos speaker
Dengan layar jernih dan quad speaker dari AKG serta sound dari Dolby Atmos akan menghadirkan pengalaman sinematik yang mengagumkan saat memakai tablet S7 series. Baik untuk menonton film atau video-video favorit dari YouTube dan aplikasi video on demand lainnya. 

Akses gratis ke Youtube, Netflix dan Spotify
Tab S7 series menyediakan paket gratis 4 bulan YouTube Premium. Tujuannya supaya kalian bisa menikmati konten secara maraton tanpa jeda iklan. Pengguna juga bersantai dengan menonton serial-serial favorit secara maraton di Netflix, atau bersantai, bermeditasi, menenangkan diri dengan music-music favorit di Spotify 

Baterai besar
Kapasitas baterai yang besar dan hemat energi menjadi andalan juga untuk menikmati hiburan yang lebih lama. Tablet ini juga tak butuh waktu lama di charge. Dengan teknologi super-charging sampai dengan 45W, tablet bisa terisi penuh hanya dalam waktu 81 menit untuk S7 dan 87 menit untuk S7+

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
alifia putri mardani 04 October 2020 | 17:25:22

produk yang mengabunggkan antara laptop dan tablet bisa sangat membantu para pekerja desain grafis dalam bekerja

Satria Kelana 04 October 2020 | 12:46:12

pakai tablet Samsung enak sekali ya pekerjaan jadi lancar mantul dah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article