icon-category Gadget

Beda Refresh Rate 60Hz dan 120Hz

  • 28 Mar 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Pabrikan smartphone sepertinya sudah menyadari betapa layar yang membuat nyaman mata semakin menjadi pilihan dalam mencari smartphone. Tidak heran jika mereka membuat smartphone dengan memperhitungkan refresh rate.

    Refresh rate layar biasanya berkisar antara 60 sampai 120Hz. Istilah refresh rate merupakan cara kerja suatu layar, yang menunjukkan serangkaian gambar atau frame yang bergerak secepat mungkin seolah tanpa henti. Simplenya, seperti namanya, refresh rate adalah seberapa sering piksel dalam sebuah frame layar diperbaharui setiap detiknya.

    Samsung_galaxy_s20_ultra-6

    Secara umum, layar yang ada dihadapan kita sejatinya tidak bersifat statis. Konten dan gerakan gambar yang muncul di layar ponsel bisa ditampilkan dengan lancar berkat adanya pembaharuan piksel. Pembaharuan inilah yang dilakukan secara berkala dan dikenal dengan refresh rate.

    Baca juga: Membandingkan Samsung Galaxy S10+ dan S20

    Dengan kata lain, menurut Android Authority, seberapa sering dan seberapa cepat tampilan konten di layar diperbaharui. Diukur dalam satuan Hertz (Hz), yang menghitung berapa kali tampilan di-refresh setiap detiknya.

    Layar 60Hz memperbarui 60 kali per detik, 90Hz memperbaharui denga kecepatan 90 kali per detik. Pun dengan 120Hz.

    Waktu pembaruan yang lebih cepat juga berarti latensi yang lebih rendah. Pasalnya, piksel diperbarui lebih sering dari biasanya. Dengan kata lain, penyegaran piksel membutuhkan 16,6 milisecond untuk memperbarui tampilan dengan 60Hz. Sedangkan untuk 120Hz membutuhkan 8,3 milisecond.

    Baca juga: Samsung Galaxy S20 yang Pertama Dapat Sertifikasi Fast Charging

    Namun layar ponsel tidak memperbarui sekaligus dalam satu siklus refresh, melainkan secara bergiliran di setiap baris horizontalnya, sampai seluruh tampilan diperbarui sesuai kecepatan yang dijanjikan.

    Refresh rate yang lebih tinggi berarti lebih banyak pembaruan yang diproses dalam jumlah dan waktu yang sama. Inilah yang membuat setiap gerakan di antara frame tampak lebih halus. Karena ada lebih banyak frame justru mengurangi kesenjangan masing-masing.

    Semakin tinggi refresh rate, semakin mulus pergerakan gambar di layar, dan merasa lebih responsif karena layar bereaksi lebih cepat terhadap perintah pengguna.

    Biasanya refresh rate tinggi dibutuhkan untuk ponsel-ponsel gaming, seperti Asus ROG Phone. Namun belakangan, Samsung membenamkan refresh rate 120Hz pada smartphone Galaxy S20 yang baru diluncurkan beberapa pekan lalu.

    Nah, di kalangan gamer refresh rate ini identik sekali dengan frame per second (fps). Karena layar yang refresh rate tinggi bisa mengimbangi game yang juga punya fps tinggi. Alhasil main game jadi jauh lebih nyaman di mata karena minimnya gejala lag shutter.

    Penggunaan 120Hz di smartphone ternyata lebih banyak manfaatnya, tak terbatas untuk gaming saja. Secara umum saat kami menggunakan mode 120 Hz di Samsung Galaxy S20 Ultra, membuat antarmuka ponsel itu lebih enak dilihat. Scrolling, berpindah aplikasi, menjadi lebih smooth.

    Pun begitu penggunaan 120 Hz pada ponsel punya konsekuensi lain, baterai jadi lebih cepat surut dibanding kalian menggunakan frame rate 60 Hz. 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini