icon-category Auto

Beda Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 vs. Kijang Innova EV Concept

  • 05 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Toyota Kijang Innova EV (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Toyota Kijang Innova EV Concept yang dihadirkan Toyota Astra Motor (TAM) di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 berhasil memecah kemeriahan peluncuran Hyundai Ioniq 5 yang sudah lama ditunggu masyarakat Indonesia.

    Bisa dibayangkan kalau Kijang Innova EV tidak dihadirkan, kehebohan peluncuran mobil listrik buatan Indonesia cuma dimiliki oleh Hyundai Ioniq 5.

    Persaingan pasar otomotif dalam negeri juga akan makin seru kalau saja Kijang Innova bertenaga listrik murni itu benar-benar hadir bersamaan dengan rilisnya Hyundai Ioniq 5.

    Nah, kamu sendiri lebih memilih Kijang Innova EV berdesain MPV yang bisa membawa 7 penumpang dewasa, atau pilih Hyundai Ioniq 5 berdesain SUV yang bisa bawa 5 penumpang dewasa?

    Kalau aku sih yes sama keduanya karena sama-sama buatan Indonesia.

    BACA JUGA: Nyali Besar Hyundai Bakar Duit, Produksi Lokal Ioniq 5

    Bob Azam, Director HRD, Administration, Corporate & External Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, melalui kanal YouTube Toyota Motor Manufacturing Indonesia mengatakan bahwa hadirnya Kiang Innova EV Concept menandai milestone era elektrifikasi.

    "Istimewanya Innova Electric ini dikerjakan oleh engineer kita, sesuai dengan filosofi yang ada di Toyota, 'make people before make product'. Kita berharap bahwa project ini bisa jadi sarana bagi engineer kita untuk mengembangkan kreatifitas, inovasi, kemampuannya dalam rangka memasuki era elektrifikasi, kata Bob Azam.

    Nah, bagaimana spesifikasi Kijang Innova EV?

    Toyota sendiri belum mengumumkan secara resmi jeroan dari sistem elektrifikasi Kijang Innova EV. Namun, melansir dari Cinta Mobil, MPV bertenaga listrik ini membawa baterai Lithium-ion 58,9 kWh. Kemudian, untuk dinamonya bertenaga 75 kW atau sekitar 100 hp dengan peak 134 kW atau sekitar 179 hp.

    Untuk torsinya mencapai 700 nm. Baterai yang dibawa Kijang Innova EV Concept diprediksi punya daya jangkau 200-300 km.

    Meskipun motor listrik berada di bawah bonnet, namun Kijang Innova EV berpenggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD). 

    Hyundai Ioniq 5 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Begitu juga dengan Hyundai Ioniq 5 yang diluncurkan di pameran otomotif IIMS 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, juga mengandalkan RWD. Meskipun varian Ioniq 5 di Korea Selatan ada yang berpenggerak semua roda atau All Wheel Drive (AWD).

    BACA JUGA: Kijang Innova EV Concept Cuma Sehari Dipajang di IIMS 2022

    Selain itu, Ioniq 5 yang dijual di Indonesia terdapat varian Prime dan Signature, yang masing-masing menawarkan pilihan baterai Standard Range dan Long Range.

    Untuk Standard Range membawa motor listrik 170 ps dengan baterai 58 kWh, sedangkan sedangkan Long Range membawa motor listrik 217 ps dengan baterai 72,6 kWB. 

    Prime Standar Range bisa menempuh perjalanan hingga 384 km. Kemudian untuk Prime Long Range bisa menempuh perjalanan hingga 481 km.

    Signature Standar Range bisa menempuh perjalanan 384 km. Namun, varian Signature Long Range cuma bisa menempuh perjalanan hingga 451 km.

    Fitur lain yang terdapat di Ioniq 5 di antaranya instrument cluster 12,3", 6 speaker (Prime), i-Pedal, dual zone AC, MFR LED headlamp, LED DRL, LED rear combination lamp, cruise control, 6 airbags (Prime), velg 19 inci (Prime dan Signature Standard Range), ABS+EBD+BA, ESC, HAC

    Sedangkan untuk varian Signature mendapat tambahan banyak fitur, di antaranya LED dual projector headlamp, velg 20" (Long Range), Wireless charging, panoramic roof, power tailgate, High Beam Assist, Smart Cruice Control, Lane Keeping Assist, Surround View Monitor, Rear Heated Seat, hingga 8 speaker Bose.

    Sayangnya, Hyundai belum mengumumkan harga resmi Ioniq 5.  

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini