home ×
Auto

Bedah Jeroan Mesin 157cc Terbaru untk PCX dan Vario

17 September 2020 By
Bedah Jeroan Mesin 157cc Terbaru untk PCX dan Vario
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Honda dikabarkan sedang menyiapkan mesin baru untuk PCX dan Vario. Gak seekdar baru, sejumlah revisi ngebuat mesin ini bakal lebih bertenaga dari Yamaha NMax.

Dikabarkan Greatbikers, Honda pun sudah merampungkan revisi mesin tersebut di tahun 2020 ini dan siap dipasangkan kemungkinan besar pada tiga skutik 150cc andalannya, PCX, Vario dan SH150.

BACA JUGA: Mengenal Daihatsu Taft, Rocky dan Tanto, Produk Berbasis DNGA

Nah, apa-apa aja yang dilakukan Honda sehingga mesin baru ini bisa lebih bertenaga ketimbang pesaingnya yang selalu lebih ngebut itu?

Kapasitas membesar jadi 157cc

Salah satu langkah instan yang dilakukan Honda untuk mendongkrak tenaga adalah kapasitas mesin yang diperbesar. Kalau sebelumnya masih dibawah 150cc, tepatnya 149cc, maka mesin yang baru ini kapasitasnya jadi 157cc.

Caranya, Honda melakukan ubahan pada ukuran diameter dan langkah piston. Ukuran sebelumnya 57,3 x 57,9 mm, sedangkan mesin generasi terbaru ini menjadi 60,0 x 55,5 mm, alias overbore.

Efek mesin overbore biasanya besar di tenaga ketimbang torsi, sehingga bagus saat putaran tinggi. istilahkan gak ngejar akselarasi yang galak, tapi napasnya lebih panajng saat putaran atas.

Ubahan ini juga membuat kompresi mesin naik dari 10,6:1 menjadi 12,0:1. Artinya, kalau rasio kompresi seperti itu dipertahankan ketika dijual di Indonesia, maka PCX dan Vario terbaru nantinya sudah haram minum BBM Premium dan agak ngilu minum Pertalite. Baiknya ya Pertamax dan Pertamax Turbo.

Selain memperbesar kapasitas silindernya, Honda juga sudah menambahkan sejumlah teknologi baru, seperti eSP+ atau enhanced Smart Power plus, dengan kepala silinder berisi 4-katup.

Tenaga dan torsi naik

Dengan sejumlah ubahan tersebut, setingan mesin baru tersebut pastinya ngebuat tenaga mesin melonjak. Kalau mesin lama menghasilkan tenaga 13 dk di 8.500 rpm, juga torsi puncak 13,4 Nm pada 5.000 rpm, maka seberapa besar yang baru?

Mesin barunya ini menjanjikan tenaga 16,6 dk di 8.500 rpm serta torsi puncak 14,2 Nm pada putaran 6.500 rpm. Ada penambahan 3,6 dk dan kenaikan torsi 0,8 Nm.

VIDEO Cerita Pemilik Honda Forza Setelah 2 Tahun Pakai:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
gian emoticon 18 September 2020 | 03:33:16

gila kerenel banget ya honda vario model terbaru

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article