home ×
Auto

Bedah Mesin dan Teknologi di Yamaha MT Series Terbaru

28 August 2020 By
Bedah Mesin dan Teknologi di Yamaha MT Series Terbaru
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan dua motor CBU yaitu MT-07 dan MT-09 versi 2020.

Sejumlah pembaruan pun sudah dilakukan pabrikan berlogo Garpu Tala ini, mulai dari sektor mesin sampai penyematan sejumlah teknologi baru untuk mendukung performa dan riding impression dari motor besar ini.

Crossplane Crankshaft

MT-09 dan MT-07 dibangun dengan crossplane crankshaft yaitu teknologi crankshaft Yamaha yang mengadopsi teknologi dari YZR-M1 (Yamaha MotoGP).
Konstruksi crossplane pada MT-09 adalah jarak crank pin 120 derajat, sedangkan MT-07 adalah 270 derajat.

Crossplane crankshaft membuat interval pembakaran di dalam mesin menjadi lebih dekat sehingga mengeliminir daya inersia yaitu daya yang terjadi setelah pembakaran sehingga torsi pembakaran dan torsi kombinasi (torsi yang diteruskan ke roda belakang) menjadi linear.

Power yang selaras putaran throttle menghasilkan performa dan akselerasi maksimal.

D-Mode

Fitur D-Mode pada MT-09 memberikan keleluasaan kepada pengendara untuk memilih karakter performa mesin optimal yang diinginkan.

Tersedia tiga mode berkendara yang terletak pada satu tombol di stang kanan yaitu Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan.

Mode A untuk mendapatkan respon mesin yang lebih sporty/cepat pada rpm rendah sampai medium dibandingkan Mode Standard, dan Mode B untuk respon yang lebih lembut dibandingkan Mode Standard.

YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle)

Sistem kontrol throttle (fly by wire) pada MT-09 dengan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi atau sesuai kebutuhan agar performa maksimal.

Quick Shift System (QSS)

Untuk mendukung akselerasi lebih cepat pada MT-09 disematkan QSS agar perpindahan gigi (shifting-up) lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling.

Assist & Slipper Clutch

MT-09 juga sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling.

Sedangkan Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah torsi balik ke mesin dari roda belakang saat deselerasi (perlambatan kecepatan).

Fitur Assist & Slipper Clutch juga membuat pengendara lebih percaya diri saat melakukan down shift (menurunkan gigi) secara cepat saat memasuki tikungan.

Traction Control System (TCS)

Sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi, yang terdapat pada MT-09.

Antilock Braking System

Daya rem maksimal dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) pada MT-09 dan MT-07 membuat motor semakin aman dan stabil saat pengereman.

Upside Down Suspension Full Adjustable

MT-09 ditunjang suspensi Upside Down Full Adjustable yang menjadikan handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara.

VIDEO Kelebihan dan Kekurangan Xpander Cross Sebelum Dibeli

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article