Home
/
Automotive

Bedah Rangka Heartect Suzuki: Bikin Konsumsi BBM Lebih Efisien

Bedah  Rangka Heartect Suzuki: Bikin Konsumsi BBM Lebih Efisien

Bagja Pratama22 March 2025
Bagikan :

Uzone.id - Suzuki memamerkan teknologi rangka mereka yang diduga kuat nantinya akan digunakan pada mobil baru mereka yang kemungkinan sebentar lagi akan diluncurkan. 

Platform rangka yang dinamakan Heartect itu diklaim memiliki berbagai keunggulan, antara lain ringan, ramah lingkungan, dan safety.




"Jadi filosofi rangka ini adalah Sho Sho Kei Tan Bi, mengacu keadaan bodi yang ringan dan bodi yang safety," bilang Vice President PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Hoshino Masaharu dalam keterangan resminya.

Hoshino memaparkan produk mobil Suzuki memiliki bobot yang lebih ringan hingga 200 kg dari rata-rata bobot mobil yang diproduksi oleh manufaktur lain. 

Rata-rata bobot mobil yang diproduksi Suzuki adalah 892 kg. Dengan bobot lebih ringan, rangka Suzuki juga diklaim lebih ramah lingkungan.

Preview

"Jadi pada saat mobil itu digunakan, untuk karbon yang dihasilkan 6% lebih sedikit. Di sisi lain, pada saat proses produksi, itu untuk karbon yang dihasilkan bisa diturunkan 20%," sambung Hoshino.

Dalam mengonsep rangka Heartect ini, Hoshino menggambarkannya seperti sebuah smartphone, di mana smartphone zaman sekarang punya bezel yang tipis dengan layar yang lebar. 

Sama seperti pada Heartect, bagaimana rangka ini dibuat sekompak mungkin ukurannya, namun tetap memiliki kabin yang memadai atau luas.

"Kalau dibandingkan dengan smartphone, karena benda ini dibawa kemana-mana, itu kan lebih baik yang ukurannya compact (kecil). Tapi kalau customer melihatnya, kalau layarnya kecil tidak suka, maunya layarnya besar. Jadi bagaimana layarnya bisa besar, tapi bezelnya dibikin setipis mungkin," bilang dia.

Dengan rangka yang lebih ringan, Suzuki juga mengklaim rangka Heartect ini bakal lebih efisien dari segi konsumsi bahan bakar. "Jadi secara konsumsi BBM akan lebih baik," terang Hoshino lagi.

"Dari segi keamanannya, tentunya Suzuki juga berusaha, bagaimana supaya dengan frame yang tipis itu, tapi tetap bisa menjaga terkait dengan safety-nya. Caranya adalah, bagaimana struktur yang ada di bawah dibuat se-smooth mungkin, tidak ada sudut," terang Hoshino.

Preview

Secara sederhana, platform heartect yang digunakan adalah frame yang utuh. Berbeda dengan platform sebelumnya yang dibuat secara tersegmentasi, bagian per bagian. Akibatnya, pengunaan platform heartect ini meningkatkan kekakuan bodi bagian bawah. 

Bentuknya yang halus dan melengkung menyebarkan energi dengan lebih efisien ketika terjadi benturan. Kelebihan lainnya, platform yang menjadi satu ini juga dapat mengurangi kebisingan dan getaran. 




Platform Heartec juga diklaim 10 persen lebih rigid, pun bobot kendaraan secara keseluruhan lebih ringan hingga 15 persen, sehingga mampu peningkatan performa dapat terwujud secara optimal.

Saat ini rangka Heartect digunakan pada beberapa model mobil Suzuki, seperti Ignis, Dzire, Baleno, Ertiga, dan juga XL7 dan sebentar lagi juga akan digunakan pada Suzuki Fronx. 

populerRelated Article
ad