home ×
Digilife

Begini Cara Google Jamin Data di Dalam Platform Cloud Tetap Aman

25 June 2020 By
Begini Cara Google Jamin Data di Dalam Platform Cloud Tetap Aman
Share
Share
Share

(Ilustrasi/Unsplash)

Uzone.id -- Sebagai perusahaan teknologi, Google tetap menjamin keamanan di dalam layanan cloud digitalnya, alias Google Cloud.

Dijelaskan oleh Megawaty Khie selaku Country Director Google Cloud Indonesia, aspek keamanan menjadi salah satu kompetensi inti perusahaan dan pembeda Google Cloud dari pemain lain di industri digital.

“Layanan Google Cloud memberikan keamanan dari ujung ke ujung, dari chip ke pusat data. Sistem kami dirancang untuk keamanan dan keandalan dalam skala global. Infrastruktur kami tidak bergantung pada teknologi tunggal apapun untuk membuatnya aman,” tutur Megawaty kepada Uzone.id pada Rabu (24/6).

Baca juga: Ini Alasan Google Pilih Jakarta untuk Luncurkan Platform Cloud

Dengan kata lain, keamanan pada Google sudah melapisi setiap elemen teknologi yang mendukung jalannya Cloud.

“Tumpukan kami membangun keamanan melalui lapisan progresif yang memberikan pertahanan secara mendalam. Dari bangunan fisik hingga server yang dibuat khusus, peralatan jaringan, chip keamanan khusus, hingga tumpukan perangkat lunak tingkat rendah yang berjalan di setiap mesin, seluruh infrastruktur perangkat keras kami dikendalikan, diamankan, dibangun, dan dikeraskan oleh perusahaan,” sambung Megawaty.

Google Cloud Region di Jakarta yang baru diluncurkan pada 24 Juni ini juga akan menjadi simbol dari keberlanjutan kolaborasi perusahaan dengan pemerintah Indonesia, khususnya dalam hal regulasi privasi soal perlindungan data.

Baca juga: Google Cloud Jakarta Bakal Bantu Pemerintah Bangun Pusat Data Nasional?

“Kami terus bekerja dengan lembaga pemerintah untuk mengembangkan kerangka kerja regulasi privasi yang dapat dioperasikan yang memastikan perlindungan keamanan yang kritis mengikuti data daripada batas nasional,” tutupnya.

Diketahui, Google memilih Jakarta sebagai area ke-24 yang menerima kolaborasi platform Google Cloud untuk membantu percepatan digitalisasi di Indonesia, khususnya pengelolaan perusahaan dan penyimpanan data.

Google Cloud Region di Jakarta ini menjadi upaya selanjutnya dari sang raksasa teknologi untuk memberikan alat transformasi bisnis bagi semua pelaku usaha di Indonesia, baik usaha besar, startup, hingga UMKM.

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 25 June 2020 | 13:07:04

yakin bisa aman itu datanya disimpen

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id