icon-category Lifestyle

Begini Cara Masak Gorengan yang Sehat

  • 12 Jun 2017 WIB
Bagikan :

Gorengan merupakan salah satu penganan yang paling dicari masyarakat Indonesia ketika berbuka. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat kuliner satu ini menjadi favorit banyak orang.

Meski kita sudah mengetahui bahwa gorengan menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti kolesterol, jantung hingga kenaikan berat badan, namun hingga kin tetap saja banyak orang yang doyan makan gorengan.

Menanggapi hal tersebut, Chef Yuda Bustara mengemukakan bahwa sebenarnya ada cara khusus yang bisa membuat Anda bisa tetap mengonsumsi gorengan tanpa rasa bersalah.

Caranya, kata dia, mulailah mengganti minyak kelapa sawit yang biasa digunakan untuk menggoreng masakan dengan olive oil atau minyak zaitun.

"Sayangnya penggunaan olive oil untuk memasak di Indonesia sangat rendah. Padahal manfaatnya bagi kesehatan sangat besar," ungkap dia dalam acara Inspirasi Masakan Untuk Ramadan dan Hari Raya dari merk minyak zaitun, Filippo Berio, Minggu (11/6/2917).

Lebih lanjut Chef Yuda menjelaskan bahwa minyak zaitun kaya sumber lemak baik dan lemak tak jenuh tunggal, yang dapat menjaga kesehatan jantung maupun menurunkan kolesterol.

Selain itu, kata pembawa acara Urban Cook di Asian Food Channel ini, minyak zaitun juga kaya kandungan antioksidan (biophenols) yang merupakan zat anti kanker. "Perlu dipahami, minyak zaitun untuk memasak dan untuk diminum itu berbeda. Kalau untuk memasak, bisa gunakan yang berjenis extra light," tambah dia.

Untuk penggunaannya sendiri, Chef Yuda menyarankan untuk mengganti minyak zaitun yang sudah dua kali dipakai untuk menggoreng. Namun jika warnanya sudah berubah, meski baru satu kali pakai, sebaiknya minyak tersebut jangan digunakan lagi untuk memasak.

Nah, salah satu minyak zaitun yang bisa digunakan, kata dia adalah Filippo Berio Extra Light. Minyak zaitun ini sangat cocok sebagai alternatif pengganti mentega atau minyak goreng.

Marketing Representative dari PT Sukanda Djaya, Jenny Liliyanti menjelaskan, produknya ini dibuat dari buah zaitun segar dan diproses secara alami tanpa bahan pengawet atau bahan kimia buatan. Sehingga tidak hanya memberikan kelezatan dan kesempurnaan rasa namun juga banyak manfaat kesehatan keluarga.

"Anda bisa memilih tiga jenis minyak zaitun Filippo Berio sesuai dengan kebutuhan, yaitu Extra Virgin Olive Oil, Olive Oil dan Extra Light Olive oil," tutupnya.

 

Berita Terkait:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : gorengan sehat makanan 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini