icon-category Technology

Begini Cara Mengetahui Keaslian Akun Instagram

  • 30 Nov 2018 WIB
  • Bagikan :

    Salah satu masalah besar Instagram adalah banyaknya akun palsu. Beberapa akun tersebut dikendalikan oleh bot atau mengaku sebagai tokoh terkemuka dengan mengambil identitas.

    Alasan mengapa akun palsu mengkhawatirkan adalah akun-akun tersebut biasanya digunakan untuk iklan, mengirim spam, hingga memberikan informasi palsu. Untuk menghindari hal ini, berikut lima cara untuk mengetahui keaslian sebuah akun Instagram, dikutip Suara.com dari Onehowto.com :

    1. Identifikasi spammer

    Salah satu karakteristik paling umum dari akun palsu adalah komentar yang bersifat spam. Biasanya mereka menulis komentar yang sama berulang kali dan mengunggah foto yang sama serta memposting komentar berupa tautan ke sebuah website, di mana mereka mengiming-imingi hadiah jika mengklik tautan tersebut.

    2. Pemberian tag yang mencurigakan

    Pemberian tag atau sebutan ke akun lainnya adalah hal yang biasa dilakukan di Instagram. Tetapi pengguna akun asli tidak bisa sembarang memberi tag kepada akun lainnya. Namun, kebanyakan akun palsu akan memberi tag ke sejumlah akun lain di waktu yang sama hanya untuk menarik perhatian pengguna.

    3. Gunakan aplikasi pihak ketiga

    Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memindai semua pengikut, aktivitas, hingga interaksi. Pengguna juga dapat menentukan akun yang tidak aktif selama lebih dari 180 hari dan biasanya akun-akun yang tidak aktif tersebut kemungkinan adalah akun palsu.

    Namun, pengguna juga harus berhati-hati dalam mengunduh aplikasi pihak ketiga karena beberapa aplikasi tersebut juga merupakan scammer. Dengan adanya kasus pelanggaran data, platform media sosial telah meningkatkan keamanan mereka.

    4. Cek verifikasi untuk akun selebritas

    Membuat akun palsu yang meniru orang terkenal merupakan salah satu praktik umum. Ketika pengguna mencari seseorang yang terkenal di Instagram, akan banyak orang dengan nama yang sama atau terlihat serupa di kolom pencarian.

    Untuk menemukannya, cukup melihat dengan centang verifikasi. Tanda biru kecil yang terletak setelah nama pengguna adalah verifikasi yang diberikan oleh Instagram untuk para selebritas dan menandakan bahwa akun tersebut adalah asli.

    5. Lihat kejanggalan lainnya

    Ada beberapa cara lain untuk mengidentifikasi bahwa akun tersebut palsu, salah satunya adalah akun tersebut mengikuti lebih banyak orang dan sering mengirim komentar "follow me and I'll follow back" atau sejenisnya. Tak hanya itu, biasanya mereka juga hanya memposting sedikit gambar dan umumnya akun mereka tidak aktif.

     

    Berita Terkait:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini