icon-category Lifestyle

Begini Cara Menghindari Kekeringan pada Rambut

  • 04 Dec 2016 WIB
Bagikan :
republika-co-id_03

Sekitar 60 persen dari total penduduk umumnya menderita rambut kering dan rapuh. Rambut kering bisa menyebabkan kulit kepala kering, berketombe, dan infeksi.

Untuk itu sangat penting berhati-hati dalam melakukan rutinitas kecantikan untuk rambut. Hanya saja ada cara lain yang bisa dilakukan lakukan untuk membuat rambut tetap lembut dan lembab.

Seperti dilansir Bold Sky, Sabtu (3/12) tidak berlebihan mencuci rambut bisa menjaga kelembapannya dan kelembutannya. Jika mencuci rambut terlalu sering justru akan menghilangkan minyak alami di kulit kepala dan juga membuat rambut berubah kering dan rapuh. Karena itu, cucilah rambut selama dua hari sekali agar minyak alami di kulit kepala tetap terjaga.

Mengeringkan rambut dengan hair dryer secara berlebihan juga bisa meghilangkan ekstrak minyak alami pada kulit kepala. Jika ingin menggunakan hair dryer gunakanlan dengan level panas paling rendah untuk menghindari kerusakan rambut.

Selanjutnya hindarikan rambut sering terpapar sinar matahari. Gunakan kondisioner untuk melembabkan rambut atau gunakan penutup kepala saat cuaca sangat terik matahari.

Mengubah gaya rambut secara berlebihan juga akan cepat membuat rambut terasa selalu kering. Jika menggunakan alat pengeriting rambut dan sebagainya harus menggunakan krim pelindung untuk menghindari kerusakan rambut. Rol rambut bisa menjadi alat yang paling aman untuk mengubah gaya rambut.

Nutrisi juga menjadi kunci penting bagi kesehatan rambut. Jika kekurangan nutrisi maka akan membuat kulit kepala mulai menipis. Usahakan dengan makanan cukup gizi bisa menghindari rambut kering dan rontok, meskipun faktor hormon juga bisa mempengaruhi hal tersebut.

Alkohol juga menyebabkan efek buruk pada kulit kepala dan rambut. Sebagian besar produk rambut yang tersedia di pasar tidak hanya mengandung alkohol tetapi juga mengandung bahan-bahan beracun lainnya yang merusak kulit kepala dan kualitas rambut. Rahayu Subekti

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini