icon-category News

Begini Cara Paling Efektif Menangkap Tikus

  • 21 Oct 2016 WIB
  • Bagikan :


    Beberapa hari yang lalu, pemerintah provinsi DKI Jakarta menyatakan akan mencanangkan "Gerakan Basmi Tikus" atau GBT. Meskipun program tersebut masih perlu dibahas, beberapa masyarakat Jakarta telah berinisiatif menangkap tikus.

    Walaupun diberi upah Rp 20.000 per tikus, pastinya tidak ada yang mau rumahnya menjadi sarang tikus. Selain karena tikus menularkan berbagai penyakit berbahaya, tikus juga bisa merusak berbagai perabotan rumah dengan cakar dan giginya.

    Untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan:

    Kamper

    Tempatkan kamper pada sudut-sudut rumah. Letakkan pada bagian luar rumah karena bau kamper yang terlalu menusuk bisa mengganggu Anda.

    Lada

    Bau lada yang menyengat membuat tikus kesulitan bernapas. Cukup taburkan sedikit lada pada sudut dan lubang tikus.

    Bawang bombai

    Potong tipis bawang bombai dan letakkan pada lubang tempat tikus tinggal.

    Secara umum, agar rumah terhindar dari tikus, Anda perlu menjaga kebersihan rumah dan segera tangkap tikus serta bersihkan rumah ketika terdapat tikus di dalam rumah.

    Untuk menangkap tikus, Anda bisa menggunakan perangkap tikus yang menyerupai kandang, seperti dilansir laman Home Remedy Hacks. Masukkan selai kacang atau keju, atau makanan yang lain yang bisa menarik perhatian tikus di dalam perangkap. Setelah tikus tertangkap, bawa tikus ke tempat yang jauh dari rumah atau mungkin Anda bisa menukarkannya dengan uang Rp 20.000 kalau program GBT sudah berjalan.

    Tidak hanya itu, Anda bisa menempatkan rambut manusia pada tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Tikus yang memakan rambut tersebut pun akan mati. Terakhir, Anda bisa meminta bantuan kucing peliharaan Anda untuk membasmi tikus.

    AURA.CO.ID

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini