home ×
News

Begini Perkembangan Pembangunan LRT

13 July 2017 By
Begini Perkembangan Pembangunan LRT
Share
Share
Share

Direktur Operasi III PT Ashi Karya Pundjung Setya Brata mengungkapkan perkembangan pembangunan kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi sudah mengalami pertambahan. Sebelumnya pada Mei 2017, proses pembangunan LRT Jabodebek secara keseluruhan baru mencapai 15 persen.

"Sekarang ini secara keseluruhan perkembangan LRT pembangunanya sudah mencapai 17 persen untuk Jabodebek," kata Pundjung usai menghadiri rapat koordinasi perkembangan LRT di Kementerian Koordinator dan Kemaritiman (Kemenko Maritim), Rabu (12/7).

Sementara perkambangan LRT secara khusus seperti bagian Jakarta (Cawang-Cibubur) juga sudah ada perkembangan. Pundjung memastikan untuk LRT Cibubur-Cawang sudah mencapai 40 persen.

Perkembangan itu juga diakui oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut. Budi menambahkan proses pembebasan 32 bidang lahan proyek pembangunan LRT juga sudah selesai.

"Lahan juga semuanya sudah beres diselesaikan semua. Tapi target selesai LRT keseluruhan tidak berubah tetap 2018 (sebelum Asian Games)," kata Budi.

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya menargetkan pembebasan lahan tersebut pada Juli 2018. Cibubur dan Bekasi Timur merupakan lahan yang cukup luas untuk LRT.

Sementara itu, Budi memastikan soal anggaran tetap harus lebih efisien untuk pembangunan LRT. Dia mengatakan nantinya akan dibahas kembali oleh semua pihak terkait teknologi yang paling bagus dan memberikan manfaat yang baik. Hanya saja hal itu tetap berpegangan pada efisiensi dana untuk pembangunan LRT tersebut. "Harganya tidak jauh lebih mahal tapi waktunya tetap tepat waktu," tuturnya.

Biaya pembebasan lahan untuk pembangunan LRT Jabodebek mencapai Rp 1,6 triliun. Kawasan utama ada pada Kwarnas, Cibubur, dan Bekasi Timur.

Berita Terkait

Berita Lainnya

LRT 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

18 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 29 April 2020 | 08:36:09

semoga lancar terus untuk pembangunannya

G Sunsun 11 March 2019 | 15:35:25

saran saya kalo bisa jangan cuma dikota aja dibangun kaya gitu

Ayu Trisna 11 March 2019 | 12:13:51

buat yang ingin tau bisa baca nih

herri wansa 10 March 2019 | 11:59:32

selamat perkembangannya Pembangunan LRT dibangun

Modar *GAMERS* 10 March 2019 | 11:35:05

buat yang ingin tau bisa baca nih

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id