Telco

Begini Persiapan Infrastruktur Teknologi Sambut MotoGP Mandalika 2022

  • 27 December 2021
  • Bagikan :
    Begini Persiapan Infrastruktur Teknologi Sambut MotoGP Mandalika 2022 Foto ilustrasi: Unsplash

    Uzone.id – Menjelang pergantian tahun, warga Indonesia menanti perhelatan besar yang akan digelar pada Maret 2022 yakni MotoGP Mandalika. Demi kelancaran acara global ini, pemerintah Indonesia memberi dukungan berupa memaksimalkan infrastruktur teknologi di sana.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan bahwa dirinya mendukung penuh untuk menyukseskan acara internasional ini yang akan dihadiri sekitar 900 pembalap dan official dari berbagai negara.

    “Kami mendiskusikan bagaimana untuk menyiapkan infrastruktur TIK yang lebih memadai, termasuk penambahan spektrum frekuensi radio yang masih dibutuhkan,” jelas Johnny usai melakukan pertemuan dengan Komandan Sirkuit MotoGP Mandalika Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, di Ruang Rapat Menkominfo, Jakarta Pusat, Senin (27/12).

    Dengan penambahan spektrum frekuensi, Menkominfo berharap penyelenggaraan pertandingan dan kompetisi MotoGP Mandalika 2022 akan bisa berlangsung dengan baik.

    Baca juga: Momen Jokowi dan Erick Thohir Jajal Sirkuit Mandalika

    Menurut Johnny, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga telah menyediakan dukungan infrastruktur digital melalui jaringan tulang punggung (backbone) telekomunikasi kabel serat optik untuk transmisi data dari Mandalika ke berbagai daerah di Indonesia dan dunia.

    Menkominfo Johnny G. Plate melakukan pertemuan dengan Komandan Sirkuit MotoGP Mandalika Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, di Ruang Rapat Menkominfo, Jakarta Pusat, Senin, 27 Desember 2021. (Foto:Berto/AYH)

     

    Bahkan, menurutnya, jaringan tulang punggung itu juga menyempurnakan layanan telekomunikasi seluler.

    “Tadi kami mendiskusikan bagaimana untuk melengkapi agar penyediaan bandwidth dan BTS (Base Transceiver Station) dari operator seluler yang lebih baik. Di sana kebetulan ada dua operator yang besar yang beroperasi di Mandalika yaitu Telkomsel dan XL,” ujarnya

    Sebelumnya, Johnny telah melakukan rapat dengan operator seluler untuk memastikan ketersediaan layanan telekomunikasi yang memadai saat penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.

    “Tak hanya itu, karena Mandalika juga kita harapkan akan ada multiplier effect bagi ekonomi masyarakat di lingkungan termasuk bagi penyelenggara homestay, dibutuhkan juga tambahan kualitas layanan dari telekomunikasi untuk masyarakat,” jelasnya.

    Baca juga: Bangun BT di 7.904 Lokasi, Kominfo Terapkan Pinjam Pakai Lahan

    Selain itu, pihaknya juga sedang mendiskusikan letak koordinat atau desa mana saja di Mandalika yang perlu ditambahkan untuk memperkuat sinyal penyelenggaraan layanan telekomunikasi.

    “Jadi dua hal di bidang telekomunikasi, yang pertama tadi penyelenggaraan MotoGP itu sendiri dan yang kedua layanan komunikasi bagi masyarakat untuk memastikan dapat dicapainya multiplier effect bagi ekonomi masyarakat,” tandasnya.

    Di sisi lain, Johnny juga menegaskan arti penting menjaga ruang digital selama berlangsungnya MotoGP Mandalika 2022, termasuk menghindari beredarnya informasi hoaks.

    “Marilah kita isi kegiatan MotoGP Indonesia ini dengan informasi yang bermanfaat untuk menggerakkan generasi muda kita lebih ikut di dalam mengambil bagian dalam MotoGP, apalagi MotoGP adalah bagian dari kesukaan dan kegemaran generasi milenial,” tutup Johnny.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini