Begini Rasanya Offroad Pakai Harley-Davidson Pan America 1250 Special
Uzone.id - Harley-Davidson Indonesia yang kini dipegang oleh PT JLM Auto Indonesia, menghadirkan Pan America 1250 Experience kepada calon konsumen, komunitas, dan media di Indonesia. Dalam kesempatan ini, Uzone.id mendapatkan kesempatan untuk mencicipi moge bergaya petualang tersebut.
Enggak tanggung-tanggung, pengalaman pertama menunggangi motor besar dari Amerika Serikat tersebut langsung di jalur tanah alias offroad di Sirkuit Baja Otomotif Superblok, Pulogadung, Jakarta.Impresi pertama menunggangi Harley-Davidson Pan America 1250 Special ini adalah motor terasa sangat besar dan berat. Namun berkat adanya teknologi seat adjuster, motor akan turun terlebih dahulu menyesuaikan dengan pengendaranya.
Setelah berjalan lebih kurangnya 30 km/jam, maka ketinggian motor akan diatur secara otomatis sesuai kebutuhan petualangnya.
Karena berada di medan offroad, maka teknik berkendaranya pun sedikit berbeda. Pengendara tidak dapat duduk, melainkan setengah berdiri agar dapat menyesuaikan kontur jalan yang berbeda-beda.
Setelah digunakan berjalan, impresi pertama motor yang berat dan besar benar-benar menghilang. Harley-Davidson Pan America 1250 Special terasa cukup mudah untuk dikendalikan.
Pengendalian terasa seimbang, karena posisi berdiri yang membuat pusat beban motor menjadi lebih rendah. Kendali saat berbelok juga cukup mudah meskipun berdiri di atas footpeg, mengingat setang dari Pan America 1250 Special ini cukup tinggi dan lebar.
Namun harus berhati-hati untuk membuka tuas gas, karena mesin 1.250 cc V-Twin yang digendongnya dapat menghasilkan tenaga 145 dk dan torsi 122 Nm nya mampu membuat ban belakang menggaruk tanah cukup kencang. Sehingga tidak menutup kemungkinan kehilangan kendali karena jika membuka gas terlalu besar.
Di sirkuit offroad ini, memiliki lintasan yang dilengkapi jalanan menanjak dan menurun. Di lintasan menanjak, tenaga dari Pan America 1250 Special terasa cukup besar.
Namun butuh momentum yang tepat, agar saat di posisi teratas dari tanjakan, motor tidak terpental.
Sementara saat jalan menurun, terasa suspensi dan pengereman yang sangat memumpuni. Mengingat Pan America 1250 Special memiliki suspensi upside down di depan dan monoshock di belakang, sementara pengeremannya menggunakan kaliper dari Brembo.
Melintasi jalanan yang tidak rata pun komponen dari Pan America 1250 Special juga dirasa dapat membantu pengendalian. Terutama dari segi kaki-kaki yang menggunakan ban dual purpose, sehingga memberikan traksi lebih di tambah fitur traction control juga menghindari ban kehilangan traksi.
Penggunaan pelek jari-jari juga membuat peredaman di jalan yang kurang rata menjadi lebih nyaman.
Secara kesimpulan, motor besar yang satu ini pada awalnya cukup diragukan untuk penggunaan offroad, terlebih bagi pemula. Namun ternyata beberapa fitur di dalamnya justru memudahkan pengguna pemula, meskipun melintasi medan yang sulit.