home ×
Digilife

Belajar dari Pembobolan Tokopedia, iDEA Harap RUU PDP Bisa Jerat Hacker

05 July 2020 By
Belajar dari Pembobolan Tokopedia, iDEA Harap RUU PDP Bisa Jerat Hacker
Share
Share
Share

(Ilustrasi Tokopedia/Foto: Uzone.id)

Uzone.id -- Kasus pembobolan 91 juta akun Tokopedia yang terjadi pada Mei lalu kembali dibicarakan lantaran ada tautan yang berisi data ini tersebar di forum internet, serta dapat diunduh secara bebas. Apa tanggapan Asosiasi E-commerce Indonesia (iDEA)?

Dari penuturan Ketua Umum iDEA Ignatius Untung, dia menggarisbawahi bahwa Tokopedia bukanlah aktor yang menyebarkan atau membocorkan data pribadi para penggunanya.

“Kebocoran data ini saya rasa harus didudukkan lebih netral, jangan sampai platformnya malah ditempatkan sebagai pelaku, karena mereka adalah korban. Kepercayaan pelanggan sudah menjadi hygiene factor bagi platform karena tidak ada tatap muka, jadi tidak mungkin ada platform yang dengan sengaja membiarkan datanya bocor,” tutur Ignatius kepada Uzone.id, Minggu (5/7).

Dia melanjutkan, “amat sangat disayangkan, banyak yang mem-framing platform ini sebagai penjahatnya, sementara pelaku pembobolan datanya luput dari fakta bahwa merekalah penjahatnya.”

Baca juga: Duh, 91 Juta Data Akun Tokopedia yang Bocor Bisa Diunduh Secara Gratis

Pada kesempatan terpisah, chairman lembaga riset siber Indonesia CISSReC Pratama Persadha kembali menyinggung pentingnya peran dari regulasi negara terhadap perlindungan data pribadi. Namun, sampai sekarang RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) ini masih digodok pemerintah dan tak kunjung rampung.

Lantas, apakah kasus pembobolan Tokopedia ini dapat dijadikan pendorong agar pemerintah segera merampungkan RUU PDP?

‘Selama isi dari RUU PDP juga bisa menjerat pelaku, saya rasa harus didorong. Jadi bukan cuma menghukum platform yang gagal menjaga kerahasiaan data, tapi juga si pelaku pembobolan,” tutup Ignatius.

Bocornya 91 juta data akun Tokopedia ini kembali mencuat ke permukaan setelah salah satu anggota pada sebuah grup Facebook terkait keamanan siber memberikan tautan (link) untuk mengunduh 91 juta data Tokopedia tersebut secara gratis.

Baca juga: Seberapa Bahaya Jika 91 Juta Akun Tokopedia Diunduh Secara Bebas?

Setelah ditelusuri, ternyata tautan tersebut bersumber pada salah satu akun bernama @Cellbris di forum Raidsforum yang sudah lebih dulu membagikannya pada Jumat kemarin (3/7).

Akun @Cellbris membagikan data tersebut secara cuma-cuma, walaupun sebelumnya dia mendapatkannya dengan cara membeli di dark web seharga USD5.000 atau sekitar Rp70 juta.

Tercatat hingga hari ini, Minggu (5/7) pukul 10.00 WIB, tautan untuk mengunduh data 91 juta akun Tokopedia tersebut masih bisa diakses dan ada 58 anggota yang telah mengunduhnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 05 July 2020 | 17:29:52

gak bakalan bisa susah kalo digituin

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article