Auto

Belajar Safety Driving dari Pengalaman Sopir Mercy RI-1 Jokowi

  • 07 January 2020
  • Bagikan :
    Belajar Safety Driving dari Pengalaman Sopir Mercy RI-1 Jokowi

    Uzone.id - Kalau manusia biasa rakyat jelata aja harus ekstra hati-hati saat nyetir mobil agar safety, apalagi sopirnya pak Jokowi ya, yang kesehariannya nyetirin Mercy RI-1 yang ditumpangi bapak Presiden.

    Pastinya, ini bukan sembarangan sopir, karena seleksinya ketat. Biasanya, sopirnya mobil Kepresidenan berasal dari Paspampres, sebagaimana bisa ditonton di laman Youtube Sekretariat Presiden.

    Adalah Zulkarnain, sopir Mercy RI-1 yang ditumpangi Jokowi. Drinya membagikan pengalaman saat nyetirin orang nomor satu di Indonesia tersebut. Biasanya, dirinya mengantar Presiden saat kunjungan-kunjungan kerja.

    VIDEO Tes Suspensi Xpander Cross di Jalan Tol Japek II

    "Pengalaman seru saya selama membawa Bapak Presiden, perjalanan jauh. Tantangannya luar biasa, karena harus butuh konsentrasi. Karena, kalau tidak konsentrasi, kita rawan, " ujar Zulkarnain.

    Nah, apalagi banyak pakar-pakar safety driving yang mengatakan kalau menyetir itu merupakan pekerjaan rumit yang memerlukan banyak kordinasi indra dan fisik tubuh, sehingga konsentrasi menjadi kunci pentingnya.

    "Karena yang dibutuhkan untuk membawa presiden itu kan nyaman dan keamanan," bilang dia.

    Presiden Jokowi sendiri, saat ini sudah menggunakan Mercedes-benz S 600 Guard terbaru. Selain mevvah, canggih dan juga punya spesifikasi keamanan tingkat tinggi yang dirancang untuk melindungi orang-orang nomor satu di dunia.

    Memang, untuk spesifikasi lengkapnya, Mercedes-benz tentu merahasiakannya. Tapi sebagai gambaran, versi standar dari S 600 Guard bisa kita intip.

    Kenapa disebut versi standar? Karena tiap-tiap kepala negara pastinya punya spesifikasi dan permintaan khusus terkait dengan keamanan dari mobil ini, yang pastinya—rahasia..

    Kalau versi standar dari Mercy S Class gak bakal sampai 2 ton, mobilnya Jokowi ini beratnya mencapai 5 ton—macam tank super mewah yess.

    Mobil S 600 Guard bisa melindungi penumpangnya yang duduk di jok belakang dari serangan senjata mesin M60.

    Kaca mobil S 600 Guard lebih tebal beberapa kali dibanding kaca standar. Mungkin tebalnya mirip kaca aquarium di Seaworld, cuma ini dengan spek lebih khusus lagi, karena gak sekedar tahan tekanan air dan tubrukan Hiu, tapi peluru dan bom.

    Bahkan, sebenernya kaca model begini gak bisa dibuka tutup, tapi berhubung pak Jokowi orangnya humble da suka melambai-lambai dari dalam mobil dengan jendela terbruka, maka dibuatin deh sistem power window khusus.

    Butuh piranti hidrolik khusus untuk mekanisme buka-tutup jendelanya.

    Terus, mobil ini juga punya sistem udara khusus yang bisa menyediakan oksigen sendiri saat di sekeliling mobil ada gas yang berbahaya.

    Bagian bawah mobil dikasih tambahan pelat khusus yang membuat mobil tahan dari alat peledak yang ditempatkan di bawah mobil.

    Dan meskipun bobotnya seberat tank, tapi mesin V12 berdaya 530 Hp dan torsinya 800an Nm ini diklaim masih sanggup mengajak mobil berlari sampai 210 km perjam.

    Bannya juga sudah menggunakan teknologi Run Flat Tyre yang tetap bisa berjalan pad kecepatan tertentu mesi dalam kondisi rusak atau tanpa udara sekalipun.

    Beberapa fitur tambahan yang dipasang pada S 600 Guard adalah fitur bantuan pengemudi seperti DISTRONIC PLUS with Stop&Go Pilot, BAS PLUS Brake, Active Blind Spot Assist dan Active Lane Keeping Assist.

    Juga ada PRE-SAFE Brake yang bisa mendeteksi pejalan kaki dan rem parkir elektronik.

    Ada juga fitur Night View Assist Plus yang membuat pengendara mobil bisa melihat obyek lain dalam suasana gelap di sekitaran mobil.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini