icon-category Auto

Belajar Safety Riding dengan Menyenangkan Ala AHM

  • 20 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Wisata Edukasi Satu Hati di Safety Riding Lab Astra Honda, Cikarang, Kabupaten Bekasi (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.id - Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) menggelar Wisata Edukasi Satu Hati untuk pertama kalinya di Safety Riding Lab Astra Honda, SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (19/10/2022).

Edukasinya pun dibuat unik dan menarik untuk anak-anak muda lewat serangkaian program layaknya pelajar sekolah yang dievaluasi melalui rapor hasil uji pemahaman keselamatan berkendara.

Program ini yang dikemas unik ini menghadirkan kesenangan dalam belajar keselamatan berkendara sekaligus menambah pengetahuan dan kemampuan berkendara sepeda motor.

BACA JUGA: Suzuki Avenis 125 Kepergok di Jalanan Indonesia, Segera Dirilis?

Tim Uzone.id bersama media lainnya turut diundang dalam peluncuran perdana Wisata Edukasi Satu Hati ini. Adapun Safety Riding Lab Astra Honda memiliki 3 zona, yakni:

1. Zona Audio-visual

Di zona ini, peserta berdiskusi tentang berbagai pengetahuan keselamatan berkendara dengan memanfaatkan video pendek safety riding sebagai simulasi beberapa kondisi berkendara di jalan raya, sehingga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi siswa-siswi untuk menganalisa dan mendiskusikan potensi masalah dalam berlalu lintas.

2. Zona Simulasi

Zona ini menggunakan Honda Riding Trainer. Para peserta berkesempatan mencoba simulasi berkendara dengan berbagai jenis sepeda motor dalam beragam kondisi jalan.

3. Zona Praktik 

Di zona ini, peserta menjalankan berbagai tantangan berkendara seperti menikung dengan membentuk angka 8, tantangan berkendara di tengah rintangan pada sisi kanan kiri jalan, dan juga tantangan menjaga keseimbangan di atas jalur khusus dengan waktu yang ditentukan.

Wisata Edukasi Satu Hati di Safety Riding Lab Astra Honda, SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

“Kami ingin dapat terus mengajak partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara sebagai bentuk kepedulian pada sesama. Harapan kami, edukasi yang dikemas secara menyenangkan dalam Wisata Edukasi Satu Hati ini dapat diserap dengan baik untuk dipratikkan di kehidupannya sehari-hari” ujar Ahmad Muhibbuddin selaku Ketua Yayasan AHM.

BACA JUGA: Ducati Luncurkan Panigale V4 R Terbaru, Tenaga Tembus 240 HP

SMK Binaan AHM

Kegiatan Wisata Edukasi Satu Hati dijalankan secara perdana oleh SMK Mitra Industri. Wisata ini terbuka untuk pelajar dari berbagai sekolah yang berminat belajar tentang keselamatan berkendara di sekolah yang berfasilitas lengkap seperti Safety Riding Lab Astra Honda.

SMK Mitra Industri merupakan salah satu sekolah binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang tergabung dalam Sekolah Satu Hati yang memiliki fasilitas mumpuni sebagai salah satu bagian program ekstrakurikuler sekolah.

Pada bidang keselamatan berkendara, sekolah ini menjadi sekolah binaan pertama yang memiliki Lab Safety Riding Astra Honda yang dilengkapi dengan simulator Honda Riding Trainer, area praktik, lab audio visual, serta Duta Safety Riding yang terdiri dari siswa dan guru didikan Astra Honda Safety Riding Instructor.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini