Digilife

Beli-beli Item di Video Game Makin Marak, Pengeluaran di Agustus 2021 Capai Rp62,6 Triliun

  • 24 September 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Intel)

    Uzone.id - Aksi gamers yang kerap membeli item di dalam video game ternyata tidak terbantahkan lagi. Pembelian konten, hardware sampai aksesoris dalam video game naik sekitar 7 persen di Agustus tahun ini. Setidaknya ini yang ditemukan oleh riset NPD Group selama pandemi.

    Dilansir melalui Bloomberg, Jumat, 24 September 2021, total pengeluaran yang dilakukan oleh para games naik 7 persen di Agustus tahun ini menjadi USD4,4 miliar atau setara Rp62,6 triliun. Secara keseluruhan, tahun ini total spending yang dilakukan gamers menjadi USD37,9 miliar atau naik sekitar 13 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

    Baca juga: Si Buta dari Goa Hantu Jadi Jagoan Baru di Lokapala

    Industri video game adalah salah satu penerima manfaat terbesar dari lonjakan tahun lalu karena semua orang butuh hiburan di rumah, dipicu oleh pandemi yang tak kunjung berakhir. Dua konsol baru, Xbox Series X dari Microsoft Corp dan PlayStation 5 dari Sony Group Corp telah membantu membuat para pemain tetap ketagihan, meskipun konsol tersebut sulit didapat karena keterbatasan pasokan chip.

    "Penjualan perangkat keras melonjak 45 persen menjadi USD329 juta di bulan tersebut. Itu adalah penghitungan terbaik sejak 2008, menurut NPD, dan bulan tertinggi ketiga yang pernah ada. Penjualan bisa lebih tinggi jika bukan karena krisis chip yang membebani produksi konsol," kata Mat Piscatella, analis dari NPD Group.

    Baca juga: GoPay Resmi Jadi Alat Pembayaran di Apple

    Dalam laporan NPD diketahui jika konsumen lebih banyak melakukan pembelian konsol NIntendo Switch ketimbang perangkat lain. Tidak heran jika jumlah penjualan Switch lebih banyak ketimbang konsol lainnya tahun ini. Namun untuk urusan revenue, PlayStation 5 memiliki raihan lebih banyak. Sony memprediksi akan ada 14,8 juta unit PlayStation 5 yang terjual tahun ini.

    Pada Agustus kemarin, game yang paling banyak terjual adalah Madden NFL 22 buatan Electronic Arts, diikuti oleh Ghost of Tsushima buatan Sony. Total penjualan video game di Agustus naik 7 persen menjadi USD4,37 miliar.