icon-category Health

Benarkah Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Emping?

  • 31 Mar 2017 WIB
  • Bagikan :

    Benarkah penderita asam urat tidak boleh makan emping? Emping dan asam urat sering disebut-sebut sebagai duet maut yang berbahaya, karena kandungan pada buah melinjo yang rentan membuat kambuh nyeri dan bengkak di persendian seluruh tubuh. Tapi, memangnya benar atau tidak, kalau makan emping bisa bikin asam urat kambuh? Simak penjelasannya di bawah ini.

    Penyebab asam urat kambuh

    Penyakit asam urat ini disebabkan oleh uric acid, yaitu senyawa yang dihasilkan tubuh ketika memecah purin, dan akhirnya menumpuk di persendian. Biasanya, asam urat larut dalam darah dan kemudian hilang melalui urin Anda. Tetapi, kadang tubuh menghasilkan asam urat dalam darah, atau ginjal hanya mampu melepaskan asam urat ke dalam urin dalam jumlah sedikit. Akibatnya adalah, asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal asam urat pada persendian dan mengelilingi jaringan, menyebabkan nyeri, peradangan, dan bengkak.

    Apa kandungan dalam emping yang berbahaya bagi penderita asam urat?

    Emping sejatinya terbuat dari buah melinjo yang banyak dijual di pasaran. Emping diolah dari buah melinjo yang matang, ditumbuk sampai halus, dicetak, dan dikeringkan. Sayangnya, pada pada proses produksinya, emping juga langsung digoreng dalam minyak. Maka kandungan lemaknya juga tidak baik bagi tubuh penderita asam urat.

    Emping mengandung energi sebesar 345 kilokalori, purin sebesar 200 mg, protein 12 gram, karbohidrat 71,5 gram, lemak 1,5 gram, kalsium 100 miligram, fosfor 400 miligram, dan zat besi 5 miligram.  Selain itu di dalam emping juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,2 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram emping.

    Asam urat merupakan produk sampingan dari purin. Purin dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Terdapat makanan yang mengandung purin tinggi, dan makanan inilah yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

    Kenapa penderita asam urat tidak boleh makan emping?

    Penderita asam urat tidak boleh makan emping, serta makanan dan minuman yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Purin adalah senyawa alami dalam makanan dan minuman yang akan diurai oleh asam urat dalam tubuh Anda. Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi purin, sistem pencernaan Anda akan memproduksi asam urat lebih banyak. Hal inilah yang membuat penyakit asam urat Anda kumat.

    Jadi, benar adanya bahwa jika Anda menderita asam urat, Anda sebaiknya tidak makan emping. Kadar purin dalam 100 gram emping ini berkisar antara 150-800 mg. Jumlah memang cukup tinggi, bukan? Bayangkan jika tubuh Anda dipaksa untuk memecah purin sebanyak ini, berapa jumlah asam urat yang akan dihasilkannya dan akan menumpuk di persendian Anda?

    Makanan apa lagi yang harus dihindari penderita asam urat?

    Berikut ini merupakan makanan lainnya yang mengandung tinggi purin:

    • Jeroan, termasuk hati, ginjal, jantung, limpa, otak, babat, usus, dan paru
    • Kaldu daging
    • Sosis atau produk daging lainnya
    • Bebek
    • Burung
    • Ikan sarden dan ikan makerel
    • Makanan laut lainnya, seperti kerang, udang, cumi

    The post Apa Benar Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Emping? appeared first on Hello Sehat.

    Tags : emping asam urat 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini