icon-category Travel

Benarkah Pesawat yang Tarifnya Murah Lebih Gampang Celaka?

  • 11 Nov 2018 WIB
Bagikan :

Setelah tragedi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Karawang, banyak pihak mulai mempertanyakan tingkat keamanan pesawat yang tarifnya murah.

Banyak yang bertanya-tanya, benarkah pesawat yang harganya murah punya kemungkinan kecelakaan lebih tinggi dibandingkan dengan pesawat yang tarifnya lebih tinggi? Pertanyaan itu tentu aja penting buat dijawab demi lebih meyakinkan masyarakat. Apakah mereka bisa tenang saat membeli tiket pesawat dengan harga murah atau mereka harus rela merogoh kocek lebih dalam lagi?

Nah, sebelum menjawab pertanyaan itu, patut diketahui bahwa menurut data dari SkyTrax, ada tiga maskapai penerbangan di Indonesia yang masuk dalam kategori 10 besar maskapai low budget. Tiga maskapai yang dimaksud antara lain Air Asia, Lion Air, dan Citilink. Lalu amankah saat kita naik ketiga maskapai itu?

Situs Travel and Leisure memaparkan hubungan antara tarif pesawat dan level kenyamanan yang dirasakan sepanjang berada di dalam pesawat. Menurut situs ini, perbedaan pertama terletak pada kurangnya fasilitas yang disediakan dalam pesawat. Selain itu ruang gerak untuk kaki di pesawat bertarif murah biasanya juga lebih sempit. Belom lagi perkara pemilihan tempat duduk dan biaya untuk bagasi. Nah, meskipun dari segi kenyamanan dikurangin, keselamatan tetap diutamakan.

Baca Juga:

Semua pesawat yang masuk kategori low budget tetap tidak mengabaikan sisi keamanan dan keselamatan penumpang. Pesawat itu tetap memiliki sertifikasi dan izin untuk terbang. Semua maskapai penerbangan wajib mematuhi aturan dan memenuhi standar keselamatan penerbangan yang udah ditetapkan oleh Federal Aviation Administration (FAA). Juru bicara FAA bahkan meyakinkan kepada pengguna layanan jasa pesawat bahwa tidak ada maskapai yang lebih aman dibanding dengan yang lain karena semua memenuhi standar yang sama terkait perawatan pesawat hingga pelatihan staf. 

Pesawat Lion Air via Wikipedia

Sekarang kita nggak perlu terlalu takut bahwa maskapai penerbangan yang murah punya resiko kecelakaan lebih tinggi. Nggak ada bukti yang cukup untuk hal ini karena menurut catatan sejarah, maskapai yang murah tidak lebih banyak mengalami kecelakaan. Business Insider juga mencatat bahwa ada beberapa maskapai bertarif murah yang belom pernah mengalami kecelakaan fatal di antaranya Westjet, Flybe, Virgin America, dan Jetstar.

 

Kalo kamu masih ragu mungkin kamu bisa mengikuti saran dari The Telegraph yang menyebutkan bahwa maskapai berbiaya murah yang masih baru mungkin bakal lebih aman karena pesawat yang digunakan tentu masih pesawat baru. Kamu juga bisa coba akses situs AirlineRatings biar kamu lebih yakin lagi. Lewat situs itu kamu bisa ngeliat secara detail gimana tingkat kepatuhan setiap maskapai yang ada di dunia ini sama aturan keselamatan. Biasanya maskapai yang harganya mahal dengan segala fasilitas yang nyaman bakal dapat bintang 7 sedangkan maskapai bertarif rendah kebanyakan mendapat bintang 5. Eits, 5 bintang tuh udah bagus banget loh dan aman juga pastinya. Jadi jangan ragu lagi untuk nyari tiket pesawat murah ya.

Baca Juga:

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini