Technology

Beneran Nih, Gaji CEO Twitter Gak Sampai Rp 20 Ribu?

  • 09 April 2019
  • Bagikan :
    Beneran <i>Nih</i>, Gaji CEO Twitter Gak Sampai Rp 20 Ribu?

    (Jack Dorsey. Foto: Greg Nash/thehill.com)

    Uzone.id -- Selain memegang tanggung jawab besar, posisi CEO sudah pasti memiliki bayaran alias gaji yang setimpal dengan perannya di perusahaan. Anggapan CEO gajinya pasti selangit ternyata gak melulu benar.

    Belakangan muncul laporan yang mengatakan kalau CEO Twitter Jack Dorsey hanya menerima gaji senilai US$1,4 pada 2018. Tolong dibaca lagi dengan seksama. US$1,4 lho, gaes. Bukan US$1,4 juta atau miliar. Benar-benar satu-koma-empat-dolar-Amerika-Serikat.

    US$1,4 kalau disetarakan dalam rupiah, nominalnya hanya Rp19 ribuan, gak sampai Rp20 ribu.

    Sekilas, tampaknya ini hanya kabar angin saja atau malah hoaks?

    Jeng, jeng… Kabar ini tentu bukan hoaks gaes, berdasarkan laporan Securities and Exchange Commission, memang benar adanya gaji Dorsey pada 2018 hanya US$1,4.

    Selama tiga tahun, Dorsey diketahui menolak semua kompensasi dan benefit yang seharusnya dia terima sebagai CEO perusahaan. Nah, pada 2018, Dorsey menolak semua benefit dan hanya mau menerima gaji US$1,4.

    Baca juga: Twitter Masih Enggan Bikin Fitur Edit Cuitan, Kenapa?

    Mengutip situs Sputnik, alasannya menolak semua hak kemewahan yang seharusnya dia dapatkan karena sebagai bukti komitmen dan kepercayaannya terhadap pembentukan potensial nilai jangka panjang dari Twitter.

    Bagi yang bertanya-tanya kenapa angkanya harus US$1,4, tentu ada penjelasan di baliknya.

    Angka 140 sudah melekat pada Twitter, yaitu sebagai jumlah batasan karakter yang bisa dicuitkan oleh pengguna sejak media sosial mikroblog ini didirikan, meskipun pada 2017 Twitter meningkatkannya menjadi 280 karakter sampai hari ini.

    Baca juga: Jadi CEO Apple itu Berat, tapi Gajinya Setahun Rp1,9 T

    Lalu, bagaimana bisa ya Dorsey hidup selama ini dengan gaji seuprit begitu?

    Tenang, gaes. Dorsey itu pada dasarnya memang pengusaha. Dia memiliki saham di Twitter dan jangan lupa layanan pembayaran mobile bernama Square yang Dorsey dirikan bersama dua rekan lainnya.

    Kekayaan bersih Dorsey menurut Washington Examiner telah mencapai lebih dari US$5 miliar atau setara Rp70 triliun. Pada awal tahun 2018, Dorsey juga diwartakan telah menjual sekitar 1,7 juta sahamnya di Square senilai US$80 juta atau setara Rp1,1 triliun.

    Meskipun gaji tak sampai Rp20 ribu, Dorsey tetap gak bisa masuk golongan sobat misqueen, gaes...

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini