icon-category Auto

Berakselarasi dan Meliuk Pakai Chery Omoda 5 GT, Mesin Lebih Kencang!

  • 20 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Chery sekali lagi melakukan sebuah langkah berani dengan menghadirkan varian terbaru dari Omoda 5 yang kali ini ditambahkan embel-embel GT di belakang namanya. Ada sejumlah perbedaan yang ditawarkan. Apa saja?

Kami berkesempatan untuk menjajalnya di lintasan buatan di Edutown Arena, BSD, Tangerang Selatan. Sebelum mengulas bagaimana impresi berkendaranya, kita akan bahas dulu perbedaan-perbedaan dari versi Omoda 5 standar.

Paling terlihat adalah bagian wajahnya, dimana pada bagian tengah grill tidak ada lagi emblem logo Chery yang besar. Gantinya, sebuah emblem bertuliskan Omoda yang terletak di ujung kap mesin.

alt-img

Kemudian, terdapat banyak aksen-aksen berwarna oranye seperti halnya aksen warna merah pada Omoda versi reguler. Aksen tersebut mulai dari lips bumper, side skirt, spoiler belakang, bnumper, pelek sampai spion.

Masuk kedalam kabinnya, juga nuansanya masih mirip-mirip. Chery sendiri belum menyebutkan apa-apa saja sodoran spesifikasi dan fitur barunya. Namun, dari yang kami coba, kini ada mode berkendara Normal, setelah sebelumnya hanya tersedia ECO dan Sport saja.

Terdapat pula fitur Driver Monitoring System yang mampu memantau tingkat kelelahan pengemudi dan memberikan peringatan lewat notifikasi di meter cluster.

alt-img

Paling menarik tentu saja sektor mesin, dimana pada sektor ini terjadi ubahan paling signifikan. Sekarang, mesin Chery Omoda 5 GT lebih besar 100 cc dari Omoda 5 reguler.

Sebuah mesin TGDI berkapasitas 1.600cc turbo. Mesin ini tenaganya melonjak dibandingkan mesin Omoda 5 berkapasitas 1.500cc turbo yang punya tenaga 154 Hp dan torsinya 230 Nm.

Sementara pada mesin baru ini tenaganya sebesar 197 Hp dan torsinya 290 Nm. Asiknya lagi dipadukan dengan transmisi yang juga baru, yakni kopling ganda DCT yang menjanjikan akselarasi lebih cepat dan berisi.

alt-img

Tersedia pula dua sistem penggerak roda, pertawa penggerak roda depan (FWD) dan satu lagi berpenggerak semua roda alias All Wheel Drive (AWD).

Terakhir yang gak kalah menarik, untuk mengimbangi dorongan mesin yang lebih bertenaga, Chery juga membenamkan suspensi independen Multi Link di sepasang roda belakang.

Lalu bagaimana rasanya ketika dikemudikan? Sudah pasti lebih agresif, lebih lincah dan tetap menawarkan kenyamanan khas Omoda 5.

Pertama kali berakselarasi, jeda turbo lag makin minim pada mesin dan transmisi terbaru ini. Mobil pun bisa melaju dengan lebih agresif dengan tenaga yang terasa melimpah.

alt-img

Tenaga yang semakin besar dan akselarasi yang semakin cepat itu pun tidak membuat mobil ini jadi sulit dikendalikan saat harus bermanuver, berkat suspensi baru di sepasang ban belakangnya.

Setirnya presisi dan gejala body-roll begitu minim meskipun ini adalah sebuah SUV dengan ground clereance tinggi, sehingga mobil ini lincah saat harus meliuk-liuk di kecepatan tinggi.

Kesimpulannya, kami cukup puas dengan akselarasi, respon transmisi dan juga handling dari Omoda 5 GT ini. Seolah Chery begitu pede untuk memberikan para pecinta kecepatan sebuah mobil yang value for money, punya performa dan handling oke, juga harga yang masih terjangkau ketimbang banyak mobil-mobil sport.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini