icon-category Games

Berapa Banyak Waktu yang Dihabiskan Orang Indonesia Buat Main Game?

  • 21 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Didin Bahana @didinbahana/Unsplash

    Uzone.id - Tahun 2021, pemain game di Indonesia diperkirakan mencapai 170 juta lebih dan pertumbuhan ini diprediksi terus meningkat hingga tahun 2025 mendatang.

    Melihat banyaknya warga Indonesia yang hobi main game mobile maupun PC, industri di sektor ini memang cukup menjanjikan. Dalam laporan Peta Ekosistem Industri Game Indonesia, pendapatan game di Indonesia mencapai USD755,5 juta atau Rp11,3 triliun untuk game ponsel dan USD318,8 juta atau Rp4,7 triliun untuk game PC.

    Melihat angka yang tinggi untuk jumlah pemain dan juga pendapatan game PC maupun komputer, seberapa lama sih rata-rata warga Indonesia bermain game?

    Baca juga: Kenapa Orang Indonesia Lebih Suka Main Game di Ponsel dibanding PC?

    Di tahun 2021, game ponsel pintar masih menjadi dominasi di Indonesia. Rata-rata, pemain game mobile menghabiskan 11 jam per minggu untuk main game, pemain game PC menghabiskan sekitar 8 sampai 9 jam per minggu dan pemain game konsol menghabiskan rata-rata 7 jam per minggu.

    Jika dikelompokkan lebih rinci lagi, lebih dari separuh jumlah pemain game ponsel menghabiskan waktu 8 sampai 14 jam per minggu untuk main game, sekitar 25,5 persen bahkan mengaku menghabiskan 15 sampai 21 jam per minggunya. Hanya sekitar 1,5 persen yang menghabiskan 22 hingga 29 jam per minggu untuk main game.

    Sisanya, sekitar 11,5 persen mengaku kalau mereka tidak bermain game mobile sama sekali.

    Nah, untuk pemain game PC hanya sekitar 34,3 persen yang menghabiskan waktu sekitar 8-14 jam per minggu, sebanyak 23,8 persennya menghabiskan 1-7 jam per minggu untuk bermain game PC. Sisanya, sebanyak 37 persen mengaku tidak bermain game PC sama sekali.

    Rata-rata, pemain game di Indonesia memainkan 2 sampai 6 game lebih dalam satu bulan. Sebanyak 37,4 game memainkan 3 game, 26,6 persen memainkan 2 game, 22 persen mengaku memainkan 4 game, 9,2 persen memainkan 5 game, dan 4,8 persen memainkan 6 game lebih.

    Baca juga: 1,5 Miliar Tweet soal Game Berseliweran, Siapa Paling Populer?

    Ada beberapa alasan kenapa warga Indonesia hobi untuk mencoba game-game baru, beberapa diantaranya adalah rekomendasi di laman utama game store, game tersebut punya skor tinggi, dimainkan oleh influencer gaming atau streamer, ikut-ikutan teman atau saudara, game yang bisa dimainkan perangkat dengan spesifikasi minimum, game gratis, dan lainnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini