Berapa Kali Harus Membersihkan Peralatan Rumah Tangga?

13 December 2017 by
Berapa Kali Harus Membersihkan Peralatan Rumah Tangga?

Hampir semua peralatan rumah tangga digunakan setiap harinya oleh anggota keluarga. Maka dari itu, menjaga kebersihan peralatan rumah tangga sangatlah penting. Peralatan rumah tangga yang bersih akan membuat tubuh Anda sekeluarga menjadi sehat. Lalu bagaimana cara membersihkan peralatan rumah tangga yang benar? Baiknya sesering apa kita harus membersihkannya?

Membersihkan peralatan rumah tangga di dapur

1. Bak atau tempat cuci piring dan peralatan masak

Bak cuci piring merupakan salah satu pusat bakteri di rumah, beserta peralatan dapur lain seperti spons atau lap. Oleh karena itu, menjaga kebersihan bak cuci piring itu penting. Bersihkan peralatan memasak dari sisa-sisa makanan setiap kali selesai masak. Bersihkan piring kotor serta peralatan masak lainnya yang kotor dengan cairan disinfektan. Setelah peralatan masak dan makan sudah bersih, rendam bak cuci piring dengan air dan sabun atau cairan antibakteri. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan air dan keringkan dengan lap bersih.

2. Spons cuci piring

Spons digunakan untuk mencuci piring, tapi bukan berarti spons bebas dari bakteri yang ada di dapur. Justru spons bisa menjadi sarang bakteri yang ada di dapur. Bakteri akan berkembang biak di tempat yang lembap dan hangat, sesuai dengan kondisi spons cuci piring.

Untuk membunuh bakteri rendam spons di dalam air yang telah diberi cairan disinfektan. Diamkan selama beberapa menit, lalu angkat dan keringkan. Anda bisa juga memanaskan spons di dalam microwave selama satu atau dua menit pada suhu tinggi. Kemudian keluarkan spons dan angin-anginkan hingga dingin. Setelah itu Anda bisa menggunakannya lagi untuk mencuci piring.

Namun, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengganti spons Anda seminggu sekali. Sebenarnya pun daya pakai spons tidak terlalu lama. Anda sebaiknya mengganti spons setiap satu hingga tiga minggu sekali. Jika spons sudah berbau atau rontok, itu tandanya sudah perlu diganti meskipun belum lama digunakan karena kemampuan membersihkannya tidak lagi maksimal.

3. Kompor gas

Kompor gas juga tidak luput dari bakteri, terutama di bagian knop kompor gas yang memungkinkan bakteri berpindah ke jari-jari Anda. Bersihkan kompor dengan melepaskan beberapa bagiannya seperti tungku kompor, knop untuk menyalakan kompor, kemudian bersihkan dengan sabun dan air hangat.

Membersihkan peralatan rumah tangga di kamar mandi

Berbagai bakteri pada tubuh akan hilang terbawa air saat Anda mandi. Namun, tidak semua bakteri terbawa hingga saluran pembuangan. Sebagian bakteri ada yang tetap menempel, terutama di permukaan yang lembap.

Bersihkan bak mandi dan seluruh sudut kamar mandi anda setidaknya seminggu sekali. Cara membersihkan bak mandi dapat menggunakan disinfektan pada lantai kamar mandi dan seluruh bak mandi dan sekitar pancuran air. Sikat permukaannya lalu bilas bersih dengan air. Daerah sekitar keran air dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.

Saat membersihkan peralatan rumah tangga, sebaiknya Anda menggunakan masker penutup hidung dan mulut, sarung tangan plastik, dan pakaian lengan panjang. Ini supaya Anda tidak menghirup bahan-bahan kimia berbahaya dari alat pembersih rumah tangga seperti karbol sekaligus mencegah alergi debu.

The post Berapa Kali Harus Membersihkan Peralatan Rumah Tangga? appeared first on Hello Sehat.

cucian 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
agus supriyanto 04 June 2018 | 10:47:02

dengan membaca kita menjadi tahu.terimakasih artikel ini sangat bagus

suyanto suyanto 12 March 2018 | 10:01:24

informatif

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top