home ×
Auto

Berikut Bagian Mobil yang Berpotensi Jadi Sarang Covid-19

19 March 2020 By
Berikut Bagian Mobil yang Berpotensi Jadi Sarang Covid-19
Uzone

Ilustrasi (Unsplash / Alexandru G Stavrica) 

Uzone.id - Pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia pada Rabu (18/3/2020) sudah mencapai 227 orang yang terkonfirmasi, berdasarkan data dari lembaga independen kawalcovid19.id.

Dari jumlah tersebut, 197 dalam perawatan, 11 dinyatakan sembuh dan 19 lainnya meninggal dunia.

Dengan pandemi virus yang mematikan itu, tentu saja kita harus tambah awas terhadap barang-barang kita yang kemungkinan besar jadi jembatan virus masuk ke dalam tubuh kita.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lembaga kesehatan publik di Amerika Serikat, Covid-19 bisa hidup di permukaan padat hingga empat hari.

Virus tersebut pindah ke barang-barang kita saat kita pergi ke tempat umum, macam ke tempat makan, gym hingga ketika kita jalan-jalan ke mal.

Barang yang tak luput jadi tempat bersemayam virus adalah mobil milik kita.

Baca juga: Gak Tega Lihatnya, Suzuki Jimny Dimutilasi Lalu Dijadikan Pickup

Menurut Janette Fennell, presiden kidsandcars.org, tempat paling kotor pada mobil adalah bagian setir. Maka dari itu, setir jadi prioritas ketika bersih-bersih mobil untuk terhindar dari virus.

Tempat lain di mobil yang jadi tempat berkumpulnya virus ada di tombol-tombol, termasuk tombol radio dan AC.

Namun, penting dicatat. Sebelum interior mobil dibersihkan dengan disinfektan, bagian permukaan mobil wajib disterilkan dahulu.

Cara bersihkan mobil dari virus

Ada tips menjaga kebersihan mobil yang tidak terlalu rumit. Senjata paling efektif melawan Covid-19 adalah dengan sabun, seperti dilansir Car and Driver.

Sabun berguna untuk membersihkan bagian kursi, dashboard dan bagian lainnya. Tidak perlu pakai sabun anti-bakteri juga. Cukup banyak sabun rumah tangga yang bisa dimanfaatkan.

Sabun efektif melawan virus hampir sama ketika sabun dipakai membersihkan benda dari minyak. Lulur sabun akan memusnahkan virus dalam mobil, dan tidak sampai merusak permukaan interior mobil.

Baca juga: Xpander Cross Seharga Jimny di Filipina, Batal Rilis karena Covid-19

Untuk memusnahkan virus, kamu perlu menggosok bagian kursi, dahsboard dan bagian-bagian lainnya selama 20 detik karena sabun perlu waktu untuk membunuh virus.

Saat kamu membersihkan mobil, pakai sarung tangan sekali pakai. Beri perhatian khusus juga pada gagang pintu, setir, tuas persneling, gesper sabuk pengaman. Pokoknya, bagian yang sering mendapat sentuhan tangan.

Bersihkan layar sentuh

Produsen mobil Toyota dan Volkswagen merekomendasikan untuk tidak pakai pelarut atau produk berbasis alkohol untuk membersihkan layar sentuh.

Kamu bisa memakai produk pembersih bebas pemutih untuk layar sentuh.

Kalau kursi mobil kamu berlapis kulit, banyak produk pembersih yang sekaligus bisa mengeringkan. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan kondisioner khusus kulit agar terhindar dari keretakan.

 

VIDEO Unboxing Gesits Motor Listrik Lokal, Dapet Apa aja di Paket Pembelian?

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 22 March 2020 | 09:30:37

harus selalu rajin bersih bersih mobil yah

Aremba Squad 20 March 2020 | 03:26:50

inalilahi wow subhabalwoloh

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article