icon-category Technology

Berjualan di Instagram, Inilah Caranya Jaga Loyalitas Pelanggan

  • 26 Feb 2018 WIB
Bagikan :

Media sosial kerap dijadikan sebagai alat promosi oleh berbagai jenis usaha. Tidak hanya usaha online, tapi usaha offline juga menggunakan media sosial untuk memperkenalkan usahanya. Promosi dapat dilakukan dengan mudah lewat media sosial.

Selain itu, dengan menggunakan media sosial, para pemilik usaha bisa lebih menekan biaya promosi secara efektif dan efisien. Salah satu media sosial yang populer dan banyak digunakan untuk usaha saat ini adalah Instagram.

Instagram adalah salah satu media sosial yang wajib dimiliki saat ini. Lewat instagram, kita bisa upload foto atau gambar yang disukai. Selain itu, Instagram juga menambahkan beberapa fitur canggih, seperti boomerang, edit foto, hingga fitur terbaru berupa unggahan video secara live atau offline dari penggunanya.

Fitur-fitur tersebut tentunya merupakan kabar baik bagi para pemilik usaha. Mereka bisa lebih mudah melakukan promosi untuk selalu terhubung dengan pelangganya.

Berjualan di Instagram ternyata bisa menghadirkan pelanggan loyal dengan menggunakan cara-cara berikut.

1.Upload Foto Ala Professional

Jika ingin menggunakan Instragram sebagai alat untuk promosi bisnis Anda, rajinlah untuk meng-upload foto ke Instagram. Tidak hanya sekadar foto, usahakan foto produk yang dijual terlihat berkualitas baik. Jika Anda menjual makanan, buatlah fotografi makanan yang akan membuat pelanggan seolah ingin mencobanya.

Perhatikan tatanan cahaya, latar belakang, tingkat kecerahan, detail foto, dan lain sebagainya. Untuk foto produk, ada baiknya tidak terlalu banyak editing. Gunakan kamera dengan kualitas terbaik, seperti DSLR atau Mirorless kamera.

2.Nama Akun yang Mudah Diingat

Yang dicari para calon konsumen ketika ingin berbelanja online lewat Instagram adalah nama akunnya. Nama akun yang unik dan sesuai dengan jenis usaha akan mudah diingat. Gunakan nama akun yang pendek, tapi bermakna.

Contohnya, jika Anda berbisnis pakaian wanita secara grosir maka gunakan nama akun Pakaianwanitagrosir atau bisa juga menggunakan nama brand dari produk Anda, seperti  Zanana dengan produk andalan berupa keripik pisang aneka rasa.

3.Share tentang Proses Bisnis Anda

Media sosial ternyata tidak hanya menjadi ajang untuk upload foto dan kebanjiran like serta love saja. Media sosial semisal Instagram juga bisa untuk sharing segala hal. Untuk pemilik bisnis, Anda bisa sambil berpromosi secara langsung kepada konsumen lewat berbagai fitur baru yang tersedia.

Sesekali tunjukan kepada followers Anda bagaimana proses dari usaha yang dijalankan selama ini. Hal tersebut baik untuk membangun kedekatan terhadap konsumen.

4.Informasikan Keunggulan dari Produk yang Dijual

Jika ingin berjualan lewat Instagram, penting untuk menunjukan keunggulan produk yang dijual. Calon konsumen tentunya ingin mengetahui lebih dulu apa saja keunggulan produk tersebut, apa manfaatnya, dan bagaimana cara menggunakanya. Berikan keterangan secara detail.

5.Informasikan Event lewat Gambar

Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu menginformasikan event lewat gambar. Sebagai pengusaha, mungkin Anda akan menghadiri berbagai event yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan.

Informasikanlah lewat Instragram kepada para pelanggan Anda tentang kegiatan event yang sedang dihadiri.

Berikan informasi penting seputar event kepada pelanggan atau followers Instagram bisnis Anda.

Jadikan Pelanggan sebagai Teman agar Lebih Loyal

Semakin berkembangnya teknologi, para konsumen atau pelanggan dari sebuah bisnis sebaiknya dijadikan sebagai teman. Pebisnis dan pelanggan bisa saling menginformasikan mengenai produk dan seputar bisnis yang dijalankan. Pelanggan juga akan merasa ada keterikatan dengan pebisnis sehingga mereka cenderung akan lebih loyal.

Published by
 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini