home ×
Digilife

Berkat QRIS, LinkAja dkk Bisa Dipakai di Luar Negeri

08 December 2020 By
Berkat QRIS, LinkAja dkk Bisa Dipakai di Luar Negeri
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi penggunaan QREN berbasis QRIS (Foto: Ajeng/Uzone.id)

Uzone.id - Masyarakat Indonesia ketika nanti berpergian ke luar negeri, tidak perlu khawatir lagi bila ingin melakukan pembayaran secara cashless berbasis QR Code.

Sebab, Bank Indonesia memastikan bahwa Quick Response Indonesia Standar (QRIS) akan bisa digunakan di luar negeri. Pun begitu, wisatawan asing bisa menggunakan layanan berbasis QRIS di Indonesia.

"QRIS ini juga berlaku untuk transaksi di luar negeri. Jadi ini ke depan kita bisa cross border QRIS-nya. Nanti wisatawan asing kalau datang ke Indonesia bisa pakai QRIS kita," kata dia dalam acara virtual BIRAMA, kemarin.

Baca juga: BlueBird Sediakan Pembayaran Berbasis QRIS

Dengan kemampuan ini, bila warga Indonesia ke luar negeri dan ingin melakukan pembayaran cashless, maka bisa menggunakan layanan uang elektroniknya seperti LinkAja, Gopay dan Ovo.

"Misalnya mau ke Singapura belanjanya bisa pakai QRIS, kalau naik haji atau umroh nggak perlu bawa Real (mata uang di Arab Saudi) belanjanya pakai QRIS aja," bebernya.

Baca juga: LinkAja, Uang Elektronik dengan Ekosistem Transportasi Terlengkap

 “Ke depan BI akan mengembangkan cross border QRIS. QRIS ini akan berlaku wisatawan luar negeri di Indonesia atau wisatawan indonesia di luar negeri,” tambahnya.

Selain itu, juga ada pengembangan penggunaan QRIS melalui Customer Presented Mode. Maka melalui Customer Presented Mode, merchant juga dapat melakukan scanning terhadap QRIS yang dimiliki konsumen.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Asep Priatna 08 December 2020 | 08:52:16

keren lah luar biasa sangat sangat sangat

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article