home ×
Startup

Bermain Game Cloud Cuma Masalah Koneksi Internet?

03 September 2021 By
Bermain Game Cloud Cuma Masalah Koneksi Internet?
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Istilah cloud gaming diperkenalkan sekitar satu dekade yang lalu. Premisnya sederhana, alih-alih membeli konsol dan disk, kamu cukup melakukan streaming online saat bermain di platform cloud gaming.

Cloud gaming adalah metode bermain video game menggunakan server jarak jauh di pusat data. Jadi, kamu tidak perlu mengunduh dan menginstal game di PC atau konsol. Sebagai gantinya, layanan streaming ini memerlukan koneksi internet untuk mengirim informasi game ke aplikasi atau browser yang diinstal pada perangkat penerima.

Game ini di-render dan dimainkan di server jarak jauh, namun kamu melihat dan berinteraksi dengan semuanya secara lokal di perangkat kamu. Kamu tidak perlu lagi kartu grafis atau konsol game yang mahal itu karena hanya butuh koneksi internet saat bermain game di platform cloud gaming.

Selain hanya butuh koneksi internet, banyak sekali keuntungan bermain di cloud game. Saat ini, cloud game begitu populer karena selain praktis, kamu juga tak perlu khawatir soal ruang penyimpanan. Artinya, kamu tak perlu mengunduh apapun di luar aplikasi layanan streaming. Kamu tak perlu mengunduh hingga ratusan Gigabyte demi game yang ingin kamu mainkan.

Selain itu, kamu juga tak perlu melakukan pembaharuan perangkat keras yang bisa menghabiskan jutaan rupiah. Untuk memainkan cloud game, kamu cukup membeli layanan game dan langsung bisa bermain. Cloud game juga nyaman karena bisa berfungsi di semua perangkat.

Cloud game di GameQoo

GameQoo menawarkan permainan cloud gaming terbaik saat ini. GameQoo merupakan platform digital streaming yang dapat dipakai untuk bermain game secara praktis. Kamu bisa main game online di GameQoo menggunakan PC atau TV melalui streaming.

Terlebih GameQoo menawarkan lebih dari 100+  game online berbagai genre dan kamu tidak perlu khawatir tentang kualitas gambar karena dapat menyesuaikan tingkat grafis yang dimainkan. Kamu bisa memainkan game online di GameQoo melalui TV maupun PC dengan melibatkan teman dan keluarga. Apalagi GameQoo bekerjasama dengan jaringan internet yang punya jaringan terluas di Indonesia, yakni Indihome. 

Indihome menawarkan kecepatan yang ditampilkan jauh lebih unggul dibandingkan jaringan internet biasa. Jadi, cukup praktis bermain game online dengan memakai TV Indihome atau web browser di laptop / PC

Kelebihan Cloud Gaming

Kamu juga harus tahu kalau cloud gaming punya banyak kelebihan selain harus memakai jaringan internet, seperti berikut ini:

1. Mudah Digunakan

Cloud Gaming bisa memudahkan kamu memainkan game di mana pun dan kapan pun. Cukup dengan mengakses situs atau aplikasi penyedia layanan gaming tersebut untuk bisa mengakses game-game terbaru sesuai keinginan. Cukup dengan perangkat biasa serta koneksi internet yang stabil, maka kamu bisa langsung mulai bermain. Kamu juga tidak perlu media penyimpanan yang sangat besar. Lebih mudah dan praktis dimainkan.

Kamu bisa bermain di cloud game bersama teman atau keluarga. Biasanya perusahaan penyedia jasa game seperti ini juga menyediakan game multiplayer yang bisa dimainkan hingga  2-4 orang.

2. Tidak Perlu Perangkat dengan Spesifikasi Tinggi

Kalau game konvensional biasanya beberapa game hanya bisa dimainkan pada perangkat dengan spesifikasi tinggi dan tentunya sampai harganya mahal. Berbeda dengan cloud gaming di mana kamu tidak perlu komputer canggih sebab komputer hanya berfungsi sebagai alat untuk menampilkan saja. 

Penyimpanan data dilakukan menggunakan sistem cloud milik perusahaan gaming yang sudah didesain untuk mampu menyimpan data berukuran besar. Kamu cukup menyediakan komputer lengkap dengan monitor, CPU, dan juga memori utama dengan spesifikasi biasa. 

Kamu juga tidak perlu sering melakukan pembaruan atau upgrade untuk bisa memainkan game dengan lebih optimal.

3. Bisa Menggunakan Banyak Perangkat Berbeda

Cloud gaming juga memungkinkan kamu menggunakan banyak perangkat untuk memainkan permainan, meskipun memiliki sistem operasi yang berbeda. 

Asalkan masih mendapat dukungan dari layanan gaming yang digunakan, maka kamu masih bisa menggunakannya.

Kamu bisa menyimpan dan meneruskan kembali permainan yang sedang dimainkan dengan perangkat yang berbeda, baik itu pada smartphone, tablet, komputer, dan sejenisnya.

4. Bisa Langsung Dimainkan

Kamu tak perlu mengunduh ataupun install permainan, kamu langsung bisa memainkan game yang diinginkan di perangkat masing-masing. Hal ini jelas lebih praktis dan menghemat waktu karena pada game konvensional proses pengunduhan dan install bisa memakan waktu cukup lama.

Cloud gaming di GameQoo bisa langsung kamu mainkan tanpa ada proses yang berbelit dan membingungkan, cukup hanya log in dengan  akun My IndiHome kamu.

5. Game yang Tersedia Selalu Up To Date

Pakai sistem cloud, maka koleksi game yang ditawarkan selalu diperbaharui secara otomatis. Kamu tidak perlu lagi repot membeli versi game terbaru hanya untuk menikmatinya.

Biasanya perusahan penyedia layanan gaming secara rutin melakukan pembaruan pada semua koleksi game mereka tanpa adanya biaya tambahan. Cukup dengan membayar bulanan, maka semua game terbaru bisa kamu mainkan secara langsung.

6. Jumlah Game Lebih Banyak

Jumlah game yang disediakan layanan gaming seperti ini bisa mencapai puluhan bahkan hingga ratusan. Dengan begitu, kamu memiliki lebih banyak pilihan. Dari segi genre, game yang ditawarkan juga sangat lengkap. Ada berbagai genre seperti action, sport, racing, puzzle, dan sebagainya yang cocok dimainkan, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Kamu pun tak perlu khawatir dengan masalah umur. Sebab, layanan gaming seperti ini biasanya memiliki kategori usia yang sangat jelas.  Kamu sebagai pengguna juga bisa mengontrol game apa saja yang ingin disimpan atau dimainkan.

7. Kualitas Gambar yang Mumpuni

Selain jumlah koleksi game yang sangat banyak, kualitas grafis game di GameQoo bisa dikatakan cukup bagus. Banyak game dengan gambar-gambar memukau dan dibuat dengan teknologi canggih yang bisa kamu temukan di berbagai layanan game berbasis cloud ini.

8. Biaya Lebih Murah

Layanan cloud gaming dinilai jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli game konvensional yang lumayan mahal dan perlu update teratur. Perlu diketahui jika harga sebuah game konvensional cukup bervariasi mulai dari puluhan hingga jutaan rupiah.

Belum lagi jika kamu ingin memilih berlangganan setiap bulan. Harga voucher game konvensional di Indonesia bisa dikatakan lumayan mahal. Namun, dengan layanan cloud game, kamu cukup membayar biaya berlanggan mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tetapi untuk menikmati layanan tersebut kamu membutuhkan koneksi internet dengan bandwith besar dan stabil. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan menggunakan layanan cloud game, ada baiknya kamu memastikan koneksi internet di tempat kamu.

Layanan cloud gaming di GameQoo pada layanan IndiHome sangat mudah diakses dan bisa diunduh secara gratis lewat smartphone maupun langsung masuk menggunakan web browser. 

Kamu bisa menikmati berbagai game terbaik dengan biaya terjangkau dengan kualitas lebih baik.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id