home ×
Digilife

Beroperasi Komersil Besok, LRT Terima Transaksi Non Tunai

30 November 2019 By
Beroperasi Komersil Besok, LRT Terima Transaksi Non Tunai
Share
Share
Share

Kereta ringan dengan lintasan khusus atau Light Rail Transit (LRT) resmi beroperasi secara komersil besok, (1/12/2019) dengan ongkos Rp 5000 rupiah sekali perjalanan. Pengoperasian LRT ini sempat menuai polemik karena harus menjalani uji coba selama 5 bulan sejak bulan Juni lalu.

Beberapa pihak menganggap uji coba berlangsung lama karena pelanggan LRT sepi. Pasalnya, jangkauan LRT Jakarta terbilang pendek karena hanya mencakup enam stasiun. Karena itu banyak masyarakat yang memilih moda transportasi lain dibandingkan naik LRT.

Direktur Utama LRT Jakarta, Wijanarko membantah anggapan itu. Menurutnya jumlah pelanggan LRT terus meningkat bulannya dan bahkan sudah menyentuh satu juta pelanggan sebelum beroperasi komersil.

"Per 17 November 2019 LRT Jakarta telah melayani lebih dari 1.044.457 pelanggan dan terus mengalami peningkatan setiap bulannya. Peningkatan ini terjadi sejak beroperasinya Stasiun Pegangsaan Dua dan pembukaan rute integrasi Non-BRT Transjakarta 10F," ujar Wijanarko dalam keterangan tertulis.

Ia mengatakan pihaknya sudah siap mengoperasikan LRT secara komersil. Bahkan nantinya di semua stasiun disebutnya juga akan disediakan pembayaran non tunai agar bisa berintegrasi dengan moda transportasi umum lainnya yang sudah menggunakan cara pembayaran yang sama.

"Penumpang bisa menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) seperti, e-money (Bank Mandiri), Flazz (Bank BCA), Tap-Cash (Bank BNI), Brizzi (Bank BRI), Jakcard (Bank DKI), dan Jak Lingko (Bank DKI/BNI)," jelasnya.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini selaku perwakila Pemprov DKI yang ikut menyediakan jasa transaksi non tunai di LRT melalui kartu JakCard menyebut kebijakan LRT dapat mempermudah masyarakat menaiki transportasi umum. Pihaknya juga turut menyediakan fasilitas untuk isi ulang saldo di sejumlah titik.

"JakCard dan JakLingko bisa didapatkan dan melakukan isi ulang di halte Transjakarta, Monumen Nasional, dan Taman Margasatwa Ragunan," ucap Herry.

Ia menjelaskan ada juga isi ulang melalui Near Field Communication (NFC) JakOne Mobile. Teknisnya, pengguna memilih menu Isi Ulang JakCard kemudia memilih opsi Cek atau Perbaharui Saldo. Setelah itu pengguna cukup menempelkan JakCard di bagian belakang smartphone yang sudah memiliki fitur NFC.

"Integrasi sektor transportasi publik berikut dengan sistem pembayaran yang modern, nyaman dan aman menjadi penting dalam mewujudkan ekosistem transaksi nontunai di DKI Jakarta," pungkasnya.

Sebagai informasi, kereta LRT Jakarta yang dibangun sejak pertengahan 2016 mulai dipakai sejak 2018 lalu. Sejak itu, LRT Jakarta beroperasi dengan status uji coba tanpa mengenakan biaya perjalanan.

 

Berita Terkait:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

6 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Mosok Mosok 31 January 2020 | 22:15:06

Ia mengatakan pihaknya sudah siap mengoperasikan LRT secara komersil..

ALI YUSUF 17 January 2020 | 16:36:49

semoga semakin banyak pelanggannya

Ids Osd 12 January 2020 | 23:31:28

semoga semakin banyak ya pelangganya pak

꧁༒Hunter༒꧂, 07 December 2019 | 19:30:14

semoga semakin banyak ya pelangganya pak

Kelvin setyawan 30 November 2019 | 22:15:34

Oalahh breee oke juga wow

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id