icon-category Technology

Bertemu Robot Pintar di Digital Lounge Bandara Soekarno Hatta

  • 05 Sep 2018 WIB
  • Bagikan :

    PT Angkasa Pura II berambisi untuk mendapatkan rating bintang lima dengan menghadirkan fitur-fitur canggih di Digital Lounge Bandara Soekarno-Hatta. Proyek ini sebenarnya dibangun untuk menyambut para atlet Asian Games 2018, tapi bakal dilanjutkan untuk membuat Bandara Soekarno-Hatta memiliki impresi yang bagus di mata wisatawan.

    Tim kumparan mendapatkan kesempatan untuk menjajal fitur-fitur canggih baru yang ada di Airport Digital Lounge atau yang disingkat dengan Dilo, yang terletak di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Selain di Terminal 2, Dilo juga telah tersedia di Terminal 3.

    Di Terminal 2, Dilo berada di dekat pintu gerbang keberangkatan 4. Fungsi Dilo sendiri sebenarnya adalah Lounge alias ruangan dengan berbagai fasilitas yang mendukung penumpang untuk melakukan aktivitas bisnisnya, seperti mengetik, business meeting, atau menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan cukup konsentrasi.

    Dilo di Terminal 2 bisa dibilang tempat yang cukup nyaman untuk bekerja sembari menunggu keberangkatan pesawat. Di dalamnya ada kursi dan meja yang nyaman dipakai untuk bekerja serta jaringan WiFi yang kencang. Penumpang juga tidak perlu risau apabila baterai perangkatnya mau habis, karena tersedia stop kontak untuk mengisi daya baterai. 

    Kalau kalian takut ketinggalan penerbangan karena terlalu nyaman berada di Dilo, jangan khawatir karena di Dilo menyediakan layar jadwal keberangkatan real time. Dengan begitu, kalian bisa terus memantau keberangkatan pesawat kalian.

    Angkasa Pura II tidak lupa menyediakan fasilitas hiburan di sana. Ada robot lucu yang memiliki mata cantik bak karakter anime bermerek Sanbot yang bisa melakukan atraksi tarian lucu dan juga bisa mengambil selfie. Selain sebagai hiburan, sebenarnya Sanbot juga memiliki fitur multimedia (musik, video, dokumen) melalui layar sentuh pada badan robot atau proyektor.

    Jika ingin menggerakkan Sanbot, kalian bisa menekan pilihan fitur yang terdapat di layar sentuh pada badannya. Kalian juga bisa menyapanya dengan “Hi, Sanbot” dan ia akan berusaha untuk membantu kalian. Untuk menghentikan aktivitas Sanbot, kalian cukup mengelus kepalanya.

    Ke depannya, Sanbot bakal diintegrasikan dengan fitur chatbot pintar bernama Tasya yang bisa kamu tanyakan informasi apapun mengenai Bandara Soekarno-Hatta. Tasya tersedia juga di tiga platform pesan instan Line, Telegram, dan juga Facebook Messenger.

    Kehadiran Airport Digital Lounge di Bandara Soekarno-Hatta nantinya bakal menggantikan information counter yang ada saat ini. Fasilitas tersebut diharapkan akan menjadi pusat informasi, yaitu sebuah layanan digital untuk lebih mempermudah perjalanan penumpang, serta aktivitas penunjang lainnya.

    Implementasi Airport Digital Lounge juga akan disesuaikan dengan karakteristik masing-masing bandara yang dikelola Angkasa Pura II. Tak hanya bandara Soekarno Hatta, tapi ke depannya semua bandara cabang Angkasa Pura juga akan dilengkapi dengan Dilo.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini