Technology

Biar Apa Adanya, Postingan Typo di Twitter Nggak Bisa Diedit

  • 04 February 2019
  • Bagikan :

    Uzone.id -- Selama bertahun-tahun aktif di Twitter, belum pernah ada fitur yang bisa mengubah atau mengedit cuitan. Kalau kamu typo, ya biasanya hapus twit tersebut, lalu tulis ulang.

    Kira-kira mungkin nggak ya Twitter menyediakan fitur edit cuitan yang sudah terlanjur diunggah?

    CEO Twitter Jack Dorsey mengungkap sesuatu terkait fitur Edit yang telah lama dipertanyakan banyak orang.

    “Bisa saja dibikin fiturnya, seperti delay 5 sampai 30 detik saat mengunggah twit,” ujar Dorsey. “Selama masa delay itu, kita bisa edit twit yang kita tulis tadi. Kalau harus delay lebih dari itu, masalahnya terletak obrolan atau konten yang sifatnya selalu real-time di Twitter.”

    Ada alasan kenapa Twitter sampai sekarang tak kunjung menyediakan fitur Edit. Dorsey pernah bilang, dia menyadari betul banyak yang meminta fitur Edit di Twitter -- sesederhana agar nggak nulis dua kali kalau ada typo atau memang ingin mengubah tulisan.

    Baca juga: Ini Harapan Twitter Menambah Batas Tweet Jadi 280 Karakter

    Nah, kalau Twitter memang benar-benar akan mewujudkan fitur satu ini, Dorsey akan tetap memastikan bahwa para pengguna tetap bisa melihat twit asli sebelum versi diedit.

    Dorsey juga mengaku akan mempertimbangkan penerapan fitur Edit tergantung pada konteks tiap twit.

    “Contoh, kalau konteksnya membahas pertandingan basket NBA, Anda mau segala update berjalan dengan cepat dan sesuai dengan momen kejadian. Anda mau semuanya terasa apa adanya,” ucap Dorsey.

    Dia menyambung, “tapi kalau dalam konteks kepresidenan atau hal-hal seputar pernyataan resmi, mungkin perlu waktu lebih. Kami bisa lebih dinamis dalam hal ini.”

    Baca juga: Bapak Media Sosial Indonesia Nukman Luthfie Meninggal Dunia

    Sebetulnya wajar jika Twitter butuh waktu untuk mempertimbangkan fitur ini dengan matang. Secara Twitter tak cuma berfungsi sebagai media sosial mikroblog, tapi juga bagai platform online yang mencatat rekam jejak omongan seseorang. Jadi, kalau tiba-tiba semua twit bisa diedit, rasanya tidak relevan.

    Fitur Twitter, diakui Dorsey sendiri, selama ini berjalan layaknya pesan SMS.

    “Sekali mengirim teks SMS, Anda nggak bisa membatalkannya. Begitu halnya twit, sekali ada mencuit, Anda nggak bisa mengubahnya,” ungkapnya lagi.

    Fitur Edit ini bisa jadi hanya bisa berlaku saat twit tersebut sedang dalam proses diunggah. Meski belum jelas seperti apa, minimal Dorsey sudah memperlihatkan bahwa Edit dalam Twitter bisa saja disediakan, entah kapan waktu pastinya.

    Menurut kamu gimana, gaes? Setuju kalau Twitter bikin fitur Edit untuk tiap twit?