icon-category Digilife

Biar Gak Tertipu, Ketahui 5 Fakta Pinjaman Online Ilegal

  • 04 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Para pelaku penyedia pinjaman online ilegal semakin gencar dalam melakukan aksinya. Banyak orang yang telah menjadi korban kekejaman pinjaman online ilegal. Tak hanya kerugian material, pinjaman online ilegal juga membuat para korbannya merasa tertekan.

    Biasanya, para calon korban ini tak bisa membedakan pinjaman online legal dan pinjaman online ilegal alias yang tidak mendapatkan izin beroperasi. Para target kejahatan penipuan seringkali mendapat penawaran dari media sosial, pesan singkat SMS, maupun WhatsApp.

    Agar terhindar dari penipuan atas nama pinjaman online ilegal ilegal, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membagikan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mendapatkan tawaran pinjaman online. Hal ini juga dipublikasikan dalam akun Instagram resmi Kemenkominfo (@kemenkominfo), beberapa hari lalu.

    Berikut lima hal yang harus diketahui, ketika mendapatkan tawaran dari oknum pinjaman online ilegal lewat WhatsApp dan SMS.

    Baca juga: Hati-hati, Ini Pinjol Ilegal yang Masuk Daftar Terlarang

    Pinjaman online legal dilarang memasarkan layanan via SMS

    Pinjaman online yang legal dilarang melakukan pemasaran melalui SMS atau pesan WhatsApp tanpa persetujuan konsumen.

    Jadi, perlu diwaspadai jika ada pesan penawaran pinjaman lewat SMS maupun WhatsApp, bisa jadi pesan tersebut merupakan pinjaman online ilegal.

    Jangan klik tautan

    Jangan pernah klik tautan yang diberikan oleh pinjaman melalui WA dan SMS. Bisa jadi tautan tersebut merupakan jebakan dan akses untuk membobol perangkat kalian.

    Jangan tergiur penawaran pinjaman cepat tanpa agunan

    Pinjaman online yang sudah resmi biasanya memiliki syarat dan proses yang tidak terlalu cepat agar segala sesuatunya terjamin. Sebaliknya, pinjaman online ilegal malah memberikan syarat yang mudah dan cepat.

    Baca juga: Pinjol Ilegal Makin Beraksi, Waspada Ada Kebocoran Data Pribadi

    Blokir dan hapus nomor penawaran pinjaman online ilegal

    Salah satu langkah agar tidak sering mendapatkan tawaran lewat pesan singkat adalah memblokir nomor-nomor tak dikenal yang mengirimkan pesan pinjaman ilegal.

    Cek legalitas pinjaman online ke OJK sebelum ajukan pinjaman

    Sebelum tergiur penawaran yang mudah dan cepat, jangan lupa untuk mengecek apakah nama perusahaan pinjaman online tersebut sudah legal beroperasi atau belum ke OJK.

    Jika kalian mendapatkan pesan yang menawarkan pinjaman online, jangan langsung percaya. Kalian perlu memperhatikan lima fakta di atas terlebih dahulu, ya.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini