icon-category Auto

Biaya yang Dihabiskan untuk Healing ke Lampung Pakai Campervan

  • 26 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Campervan di Pantai Minang Rua, Lampung Selatan (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Libur Nasional dan Cuti Bersama menyambut perayaan Idul Fitri 1443 H bikin semua girang.
    Pemilik toko girang barang dagangannya diserbu konsumen. Tukang parkir juga girang pengunjung tempat-tempat belanja dikunjungi banyak kendaraan.

    Apalagi para pegawai kantoran yang sudah dapat Tunjangan Hari Raya (THR), mereka langsung memanfaatkan liburan dengan mudik alias pulang kampung atau sengaja memilih liburan ke kawasan-kawasan yang sedap dipandang mata.

    Kami rekomendasikan juga untuk pilihan tempat-tempat wisata yang bisa bikin kamu berkesan adalah kawasan pesisir selatan dan pesisir barat Lampung.

    Belum lama ini, kami berkunjung ke tempat wisata Pantai Minang Rua dan Pantai M-Beach di Lampung Selatan memakai dua unit campervan yang masing-masing kami sewa di Taka Campervan dan Indo Campervan.

    Campervan di Pantai M-Beach, Lampung Selatan. (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    BACA JUGA: Citra Lampung Banyak Begal Jadi Hilang Gara-gara Ketemu DCab Indonesia

    Melihat Google Map, jarak Pelabuhan Bakauheni ke Pantai Minang Rua kurang dari 6 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 20 menit.

    Aspal jalan dari Bakauheni ke Pantai Minang Rua terbilang mulus, namun jalan cukup satu mobil ketika sudah masuk kawasan Pantai Minang Rua.

    Begitu juga saat kami melanjutkan perjalanan dari Pantai Minang Rua ke Pantai M-Beach. Kami memilih lewat jalan tol Bakauheni- Terbanggi Besar yang masih minim kendaraan yang lewat.

    Kami kemudian keluar di Gerbang Tol Sidomulyo dengan bayar tarif tol sebesar Rp31.000.

    Jarak Pantai Minang Rua-Pantai M-Beach sekitar 53 km dan ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam.

    Saat berada di jalur non-tol, kami disuguhi pemandangan perkebunan yang terhampar luas. Rumah-rumah penduduk malah terbilang jarang.

    Community Week: Ford Ranger Double Cabin Diisi Pertamax, Ini yang Terjadi

    Meskipun jalanan sepi kendaraan, soal persediaan logistik tak usah khawatir karena kamu bisa belanja kebutuhan di Alfamart atau Indomaret yang banyak tersebar di sepanjang jalan luar tol.

    Makanya, liburan ke Lampung salah satu yang kami rekomendasikan bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya yang ingin mencari petualangan baru.

    Perjalanan ke Lampung, kami berangkat dari Mulia Business Park, Pancoran, Jakarta Selatan, menggunakan dua mobil campervan.

    Kami memanfaatkan jalan tol dalam kota hingga keluar di gerbang tol Merak, Banten. Perjalanan cukup menyenangkan karena kondisi aspal jalan tol terbilang mulus.

    Tarif tol mulai dari ruas Cawang-Tomang-Pluit dan keluar gerbang tol Merak ruas Tangerang-Merak menghabiskan total Rp61.000.

    Gerbang Tol Merak, Banten. (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Nah, pastikan saldo kartu uang elektronik kamu tidak kurang dari itu.

    Sepanjang tol dalam kota hingga Gerbang Tol Merak terdapat tiga rest area yang bisa kamu manfaatkan untuk isi BBM hingga beristirahat sejenak.

    Kemudian, dari Gerbang Tol Merak kami lanjut perjalanan ke Pelabuhan Merak sejauh 6,8 km yang kami tempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

    Caption

    Selanjutnya, kendaraan kami masuk ke kapal ferry melewati gate. Masuknya gak ribet karena kami sudah membeli tiket online melalui situs Ferizy. Sampai di sana, tinggal tunjukkan saja tiket online tersebut kepada petugas.

    Biaya tiket untuk kapal ferry Merak-Bakauheni bolak-balik dikenakan Rp2.360.200 untuk 10 orang dan dua mobil campervan yang ukurannya melebihi 5 meter (Gologan VA).

    Biaya itu terdiri dari 10 penumpang dewasa reguler, di mana per orangnya kena biaya Rp19.500. Kemudian satu campervan dikenakan Rp839.000 per kendaraan.

    Kapal Ferry menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Berikut ini biaya yang dikeluarkan berwisata ke Pantai Minang Rua dan Pantai M-Beach:

    1. Biaya sewa dua campervan - Rp9.850.000 (sudah termasuk bensin dan tips untuk driver)

    2. Total biaya camping satu malam di Pantai Minang Rua dan satu malam di Pantai M-Beach - Rp1.770.000

    Dengan perhitungan biaya:

    - Minang Rua Rp35.000/orang = Rp350.000
    - M-beach glamping = 1.150.000 (2 tenda Rp450.000, 1 tenda 250k)
    - Tiket masuk M-Beach Rp25.000 orang = Rp250.000
    - Parkir Mobil = Rp20.000

    3. Biaya kapal ferry - Rp2.360.200 (bolak-balik)

    Nah, tertarik untuk jelajah wisata Lampung bareng keluarga?

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini