Home
/
Startup

BigBox Telkom Bekali Platform Big Data Pemkot Semarang

BigBox Telkom Bekali Platform Big Data Pemkot Semarang

Hani Nur Fajrina26 November 2022
Bagikan :

Uzone.id – BigBox sebagai salah satu platform digital Telkom Indonesia memiliki peran aktif dalam menyukseskan dan memenuhi kebutuhan portal Satu Data Indonesia (SDI) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk platform big data.

Saat ini data sudah menjadi unsur vital sebagai landasan dalam pengambilan kebijakan yang strategis. Memanfaatkan platform BigBox, ekosistem digital di Pemkot Semarang mampu terakselerasi dengan baik.

BigBox membantu mengkonversi data-data analog dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Semarang yang belum memiliki pengolahan digital.

Berbagai format data milik Pemkot Semarang yang diantaranya berasal dari Microsoft Excel, PDF, maupun JPG, dapat diubah menjadi data digital dan diolah di cloud server BigBox secara realtime sehingga dapat disajikan dalam bentuk hasil pengolahan data serta grafik visual di portal SDI Kota Semarang.

Pemkot Semarang sendiri berhasil meraih nilai tertinggi (93 persen) dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dan mendapat apresiasi di Forum G20 yang dihelat di Bali bulan Agustus 2022 lalu terkait implementasi SDI.

Baca juga: Telkom Sabet Penghargaan Tempat Kerja Inklusif dari Kemnaker

Capaian tersebut diperoleh Pemkot Semarang karena berhasil menerapkan prinsip Open Government yang transparan dan akuntabel sehingga mampu menyusun seluruh kebijakan pembangunan strategis berbasis data, sesuai dengan yang ada di portal SDI Kota Semarang.

Sebelum mendapatkan predikat tersebut, Analis Data Statistik Pemkot Semarang Taufan Yuristian Dalimarta, menjelaskan bahwa OPD di Pemkot Semarang masih banyak yang belum memiliki sistem pengolahan data digital sehingga masih dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel.

Bahkan, masih ada OPD yang mengolah data secara analog menggunakan Buku Data Induk.

“Ada juga sebagian kecil OPD, khususnya yang memiliki hubungan vertikal dengan kementerian, pengolahan datanya dilakukan dengan cara sistem tertutup sehingga data tersebut tidak dapat dibagikan atau dipakai oleh perangkat daerah lain,” kata Taufan dalam keterangannya yang diterima Uzone.id.

Ia melanjutkan, “Pemkot Semarang membutuhkan provider teknologi terpercaya yang seluruh infrastruktur teknologi berada di Indonesia dan dikuasai sepenuhnya oleh anak bangsa untuk mengurangi kemungkinan kebocoran dan penyalahgunaan data. Maka dari itu kami memilih BigBox sebagai produk digital dari Telkom yang unggul dan merata di seluruh Indonesia.”

Tercatat pemanfaatan BigBox sukses mengintegrasikan 2.162 data sektoral milik Pemkot Semarang, serta menghasilkan 127 IKU (Indikator Kinerja Utama) dari Pemkot Semarang.

Baca juga: Asyik! BigBox Siapkan Layanan Gratis untuk Startup

Tak hanya itu, BigBox turut membantu pembuatan platform berbasis web untuk mengakses data terkait ketahanan pangan Kota Semarang. Melalui platform ini, masyarakat Kota Semarang dapat mengakses informasi terkait pangan secara real time berdasarkan kondisi terkini di lapangan.

“Kehadiran BigBox mempermudah Pemkot Semarang dalam mengidentifikasi permasalahan yang krusial terkait pangan, serta data tersebut dapat digunakan dalam upaya penanggulangan masalah pangan,” tutur Direktur Digital Bisnis Telkom Fajrin Rasyid.

Transparansi yang diterapkan oleh Pemkot Semarang dari pemanfaatan BigBox membuat keterbukaan informasi bagi publik semakin meningkat.

Selain itu, melalui portal SDI Kota Semarang dan data yang telah terintegrasi, memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi pembangunan dan pengambilan kebijakan yang tepat sasaran di Kota Semarang.

“BigBox berperan aktif dalam memberikan masukan, konsultansi, dan pelatihan kepada Pemkot Semarang. Dengan pendekatan teknologi, Pemkot Semarang menjadi mampu meningkatkan produktivitas kinerja serta menerapkan efisiensi,” tutup Fajrin.

BigBox merupakan bagian dari Leap sebagai umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.

populerRelated Article