icon-category Auto

Bikers Harap Waspada Hadapi Cuaca Ekstrem Minggu Ini

  • 12 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Hujan disertai angin mulai sering terjadi di beberapa wilayah Indonesia, khususnya di sekitaran DKI Jakarta. Karenanya, persiapkan aktifitas perjalanan kalian.

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengabarkan akan terjadi cuaca ekstrem di sebagian wilayah di Indonesia hingga Jumat (16/9/22) pekan depan, khususnya DKI Jakarta.

    Mengamati potensi tersebut, BMKG memberikan peringatan dini terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang serta gelombang tinggi. 

    BACA JUGA: Cat Ioniq 5 Ngelotok, Hyundai Langsung Hubungi Pemilik

    “Potensi HUJAN LEBAT diprediksi terjadi di wilayah DKI Jakarta," tulis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Prov. DKI Jakarta di Instagram resminya dikutip Uzone.id 

    Buat para pemotor, banyak hal yang harus di persiapkan untuk berkendara megahdapi cuaca ekstrem.

    Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brother memberikan tips yang dapat diterapkan oleh para pengendara sepeda motor di kala hujan.

     

    1. Cek Kondisi Badan

    Sebelum melakukan perjalanan, cek kondisi badan terlebih dahulu. Karena kondisi tubuh yang tidak fit akan mempengaruhi fokus saat berkendara dan lebih mudah sakit akibat cuaca yang kurang mendukung.

     

    2. Lampu Sepeda Motor

    Pastikan lampu sepeda motor dalam keadaan menyala optimal, khususnya saat musim hujan. 

    Hal ini bertujuan agar pengendara dapat melihat jalan dengan jelas dalam kondisi hujan dan jalan yang tergenang air. 

    Tak hanya lampu depan yang menyala melainkan lampu belakang pun wajib untuk hidup, terutama saat hujan lebat.

     

    3. Gaya Berkendara

    Saat hujan dan kondisi jalan basah, penting untuk memperhatikan gaya berkendara. 

    Tak seperti saat kondisi normal, saat hujan resiko berkendara lebih tinggi sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara terutama saat melakukan pengereman. 

    Jadi lakukan pengereman dengan halus dan perlahan. Serta buka tutup gas yang lebih smooth dan lebih memperhatikan kondisi sekitar.

     

    4. Jas Hujan

    Selain melindungi tubuh dari hujan, jas hujan juga dapat mengurangi rasa dingin dan dapat menjaga tas dan barang bawaan terhindar dari hujan. 

    Disarankan para pengendara menggunakan jas hujan jenis setelan. Tidak disarankan menggunakan jas hujan jenis ponco karena dikhawatirkan akan tersangkut di bagian rantai atau roda sepeda motor. 

    Juga disarankan menggunakan helm dengan visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara.

    Test Drive Hyundai Stargazer:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini