icon-category Telco

Bikin SheHacks, IOH Dorong Perempuan Melek Teknologi Digital

  • 18 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Indosat Ooredoo Hutchison

    Uzone.id – Pemberdayaan perempuan di Indonesia agar melek dan berkontribusi di sektor teknologi digital semakin gencar dilakukan. Hal ini juga digencarkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dalam membentuk program SheHacks.

    Melalui SheHacks, IOH ingin memberdayakan perempuan Indonesia dengan kekuatan teknologi digital demi mengurangi kesenjangan gender dengan memanfaatkan berbagai inovasi di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

    Dari pernyataan IOH yang diterima Uzone.id, program ini berhasil memberdayakan 1.548 perempuan Indonesia sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2020 hingga menyelesaikan program terakhirnya pada bulan Desember 2021.

    Baca juga: Deretan Operator yang Siap Hadirkan 5G Experience di Mandalika

    Tercatat SheHacks 2021 telah diikuti oleh 1.453 perempuan dari seluruh Indonesia dengan rentang usia 15-40 tahun dan menerima total 477 proposal solusi permasalahan.

    Jangkauan SheHacks juga diklaim lebih luas dari tahun 2020 karena 23 persen dari total peserta tahun 2021 yang berasal dari luar pulau Jawa. Ada sekitar 12 sesi webinar digelar di tahun ini melalui berbagai platform digital yang telah ditonton hampir 12 ribu kali, naik hampir 4x dibandingkan tahun lalu.

    “SheHacks hadir sebagai salah satu program CSR unggulan kami di bawah pilar Pemberdayaan Perempuan. Melihat semangat perempuan Indonesia dalam menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan nyata dengan pemanfaatan teknologi, kami percaya perempuan akan memainkan peranan penting di bidang teknologi digital di masa depan,” ungkap SVP-Head of Corporate Communications IOH, Steve Saerang.

    Baca juga: IOH Dorong Pelanggan Move On ke Pascabayar

    Diketahui, program yang bekerja sama dengan organisasi global seperti United Nations Development Programme (UNDP), UN Women, dan GSMA Connected Women ini menyelenggarakan berbagai program termasuk rangkaian webinar untuk berbagi pengetahuan tentang teknologi dan pemberdayaan perempuan bersama para tokoh berpengaruh bagi para peserta dan umum, mentoring dan strategic partners session untuk para finalis, hingga buddy program untuk lima finalis terbaik.

    Selain itu, SheHacks 2021 gubahan IOH ini juga menggelar program 'Shop-for-a-Cause' yang berkolaborasi bersama Rubylicious dan Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS), untuk mendorong perempuan Indonesia dalam mendukung kesehatan perempuan lain melawan kanker serviks.

    Tercatat ada lebih dari 1.300 item berwarna pink yang berhasil terjual di situs resmi Rubylicious dan toko offline, 10 persen secara otomatis dikonversi menjadi donasi kepada KICKS untuk mendukung pasien kanker serviks yang menginap di Rumah Singgah Cancer Information and Support Center (CISC).
    “Pihak IOH berharap program SheHacks dapat terus mendorong realisasi karya inovatif perempuan Tanah Air dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital,” tutup Steve.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini