home ×
Digilife

Bisa Jadi Perintah ‘Hey Google’ di Assistant Akan Ditiadakan

26 April 2021 By
Bisa Jadi Perintah ‘Hey Google’ di Assistant Akan Ditiadakan
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi Google Assistant. (Foto: dok. Mashable)

Uzone.id -- Asisten digital seperti Siri, Alexa, hingga Google Assistant memiliki panggilan yang khas agar mereka dapat langsung bekerja sesuai yang pengguna perintahkan. Dari ‘Hey, Siri’, ‘Alexa…”, dan ‘Hey, Google’ atau ‘Okay, Google.’

Di satu sisi, perintah seperti ini sudah di luar kepala oleh pengguna ketika hendak mengaktifkan asisten digital. Namun, nyatanya dalam waktu dekat Google berencana meniadakan perintah ‘Hey, Google’ atau ‘Okay, Google’ pada Google Assistant.

Bocoran ini muncul berdasarkan kode yang ada di dalam versi terbaru aplikasi Google untuk Android. Meski begitu, instruksi tanpa aba-aba ‘Hey, Google’ ini tampaknya akan bergilir, karena baru akan tersedia untuk beberapa instruksi dahulu.

Baca juga: Google Tutup Aplikasi Shopping di Android dan iOS

Dari laporan Android Police, Google akan menghadirkan fitur baru ‘jalan pintas suara’ atau voice shortcuts yang memungkinkan pengguna bisa langsung memberi perintah tanpa aba-aba ‘Hey, Google’. Fitur ini diklaim akan membuat kendali suara pengguna lebih cepat dan nyaman.

Fitur anyar ini memiliki kode nama ‘Guacamole’ di dalam aplikasi Google dan kabarnya pengguna akan disuguhkan ketentuan privasi terlebih dahulu sebelum mengaktifkannya.

Hal yang perlu dicatat, fitur ini bukan berarti Google Assistant dapat mendengarkan semua hal yang pengguna ucapkan. Seperti yang telah ditekankan, fitur tanpa ‘Hey, Google’ ini baru hanya untuk beberapa perintah spesifik, seperti menjawab panggilan telepon hingga pengaturan alarm.

Baca juga: Molor Setahun, Google Assistant untuk Pengemudi Akhirnya Rampung

Fungsi ini tidak sepenuhnya baru, karena perangkat Nest Hub keluaran Google sudah lebih dulu dapat menerima perintah suara untuk menunda alarm tanpa harus mengucapkan ‘Hey, Google’ terlebih dahulu.

Dengan begitu, langkah Google ini dianggap ingin memperluas fungsi yang sama ke banyak perangkat konsumen.

Belum ada keterangan kapan fitur ini dirilis. Yang jelas, ‘Guacamole’ telah dikembangkan sejak Maret lalu. Kita tunggu saja.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id