icon-category Gadget

Bisakah Kamera Smartphone Gantikan DSLR? Ini Kata Fotografer Pro

Uzone.id - Kamera di smartphone sekarang sudah canggih-canggih. Pakai sensor kamera high-end, dilengkapi teknologi berbasis AI (artificial intelligence) yang mutakhir, hingga chip pencitraan yang bisa memproses puluhan gambar dalam sekali shutter. Pertanyaannya, apakah kamera smartphone bisa gantikan DSLR?

Pertanyaan yang wajar banget dilontarkan, apalagi melihat makin inovatifnya teknologi kamera di smartphone sekarang. Malah, saat ini segelintir brand menggandeng pabrikan kamera langsung untuk meningkatkan kualitas kamera yang disematkan pada smartphone-nya.

Menurut pandangan fotografer profesional, Sharon Angelia, lama-kelamaan kamera smartphone bisa saja menggantikan peran kamera DSLR. Seringkali, ia dimanjakan dengan hasil foto yang diambil oleh kamera smartphone, dimana kualitasnya sudah hampir menyamai kamera pro.

“Saya kadang ketakutan sendiri lama-lama orang bisa jadi fotografer dengan kualitas kamera seperti ini,” katanya, saat berbincang dengan tim Uzone.id di sela-sela acara Oppo APAC Vitality Imaging Tour, di Bali, beberapa waktu lalu.

Terlebih, Sharon berpendapat kalau orang-orang sudah tidak lagi mementingkan soal perangkat apa yang digunakan untuk memotret sebuah momen. Sekarang, mereka hanya ingin tahu tentang bagaimana cara mengabadikan momen dengan baik untuk dibagikan kembali di sosial media.

“Sekarang mereka cuma liat bagaimana cara orang menangkap momen. Sudah tidak lagi ‘pakai kamera apa?’, jangan banget,” jelasnya.

Computational photography jadi penentu

alt-img

Senada dengan Sharon, hal ini juga disampaikan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto. Menurutnya, kemampuan computational photography berbasis AI yang semakin canggih membuat kamera smartphone bisa menghasilkan gambar dengan mutu yang lebih baik.

Apalagi dipadukan dengan sensor ataupun lensa kamera yang berteknologi tinggi, tak menutup kemungkinan orang-orang akan meninggalkan kamera DSLR dan beralih memakai smartphone dengan konfigurasi kamera yang proper.

“Kita tidak berandai-andai melawan kamera DSLR, tapi untuk mengejar kamera mirrorless bisa saja dengan adanya computational photography berbasis AI yang semakin pintar lagi,” pungkasnya.

Oppo sendiri menjual smartphone yang diklaim sebagai salah satu yang terbaik di sektor kamera oleh situs DxOMark, yakni Oppo Find X6 Pro. Ponsel ini mengombinasikan tiga kamera belakang 50 MP dengan teknologi Hasselblad dan chip NPU MariSilicon X untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang diambil dari berbagai angle.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini