icon-category Technology

Bisnis Digital Bakal jadi Tulang Punggung Telkomsel

  • 31 May 2017 WIB
Bagikan :

Telkomsel mengaku layanan telepon dan pesan singkat kian menurun. Sebagai gantinya, operator seluler yang baru saja merayakan 22 tahun hari jadinya itu fokus ke bisnis digital.

Berkat aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger atau Line pengguna ponsel kini dapat berkomunikasi lebih mudah, lebih cepat ketimbang menggunakan SMS.

Belakangan aplikasi tersebut juga menyediakan fungsi panggilan telepon, dan panggilan video yang secara langsung menggerus layanan suara operator. Pertumbuhan pengguna smartphone juga seakan ikut mendorong pengguna menggunakan layanan berbasis data.

Melihat kenyataan itu, Telkomsel mengaku sejak beberapa tahun mulai menggeser fokus bisni mereka. Dari yang sebelumnya melalui suara dan pesan singkat, beralih ke layanan broadband berbasis internet.

"Kami senantiasa berupaya mendorong pemanfaatan jaringan broadband secara lebih optimal sehingga memberikan manfaat yang maksimal bagi pelanggan," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, dalam pesan yang diterima uzone.id, Rabu (31/5).

Konsentasi Telkomsel di bisnis digital semakin kentara dengan muculnya sejumlah lini bisnis mereka seperti Digital Advertising, Digital Payment (mobile banking, T-Cash, T-Wallet), dan Internet of Things (T-Drive, T-Bike, dan lain-lain) yang saat ini sudah berkontribusi 40% dari total pendapatan.

Selain memiliki pendapatan dari layanan digital, seluruh layanan tersebut juga terbukti mendongkrak konsumsi data pelanggan Telkomsel yang beberapa tahun terkahir melonjak lebih dari 100%.

“Kami senantiasa berupaya mendorong pemanfaatan jaringan broadband secara lebih optimal sehingga memberikan manfaat yang maksimal bagi pelanggan," tambah Ririek.

Untuk memperkuat layanan digital, Telkomsel rutin membangun base transceiver station (BTS) yang sudah mendukung 4G LTE. Karenanya, menurut catatan J.P. Morgan kecepatan download layanan 3G dan 4G Telkomsel merupakan yang terbaik di Indonesia, dengan rata-rata mencapai dua hingga tiga kali lipat lebih baik dibandingkan operator yang lain.

"Untuk itu sebagai operator yang sedang bertransformasi menjadi digital telecommunication company, Telkomsel terus melakukan berbagai improvement untuk menyajikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik kepada para pelanggannya,” tutup Ririek.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini