BMW R 1300 GS Adventure Diluncurkan, Harga Hampir Rp1,4 Miliar
Uzone.id - BMW Motorrad Indonesia meluncurkan produk terbaru yakni R 1300 GS Adventure. Model yang satu ini mendapatkan desain baru yang meningkatkan kemampuan petualang dari sebuah tipe tertinggi Gelande Strasse (GS).
Fransiska Ingrid selaku CEO BMW Motorrad Indonesia mengatakan BMW R 1300 GS Adventure menjadi salah satu model yang ditunggu pecinta motor besar. Dirinya berharap dengan adanya varian terbaru, membuat line-up GS series bisa menjadi pilihan terbaik bagi pecinta petualang."BMW R 1300 GS Adventure terbaru ini adalah salah satu model yang paling ditunggu baik oleh konsumen BMW Motorrad Indonesia maupun komunitas dan seluruh pecinta Big Bike di Indonesia. Dengan peluncuran resmi ini kami harapkan model terbaru dari GS line-up yang kita miliki bisa menjadi pilihan terbaik bagi rider-rider di Indonesia yang ingin menjelajahi indahnya seluruh pelosok Indonesia," ujar Fransiska dalam keterangan resmi.
BMW R 1300 GS Adventure mendapatkan desain ulang baik dari mesin, sasis, bodi, desain, dan konsep penyimpanan.
Dimulai dari mesin boxer twin-cylinder yang legendaris, mesin ini memiliki komponen yanglebih ringkas berkat transmisi yang diletakkan di bawah. Selain itu, BMW juga membuat pengaturan baru dari penggerak camshaftnya.
Dengan kapasitasnya yang masih 1.300 cc, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 145 hp di 1.300 cc pada 7.750 rpm dan torsi 149 Nm di 6.500 rpm. Kemampuannya itu membuat BMW menjadi pabrikan yang mampu membangun mesin boxer paling kuat yang pernah diproduksi massal.
Tenaga tersebut bisa diatur oleh pengendara BMW R 1300 GS pada empat mode berkendara. Keempatnya adalah rain, road, eco, dan enduro, masing-masing memiliki keunggulan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.
Berlanjut ke rangka, kini BMW R 1300 GS Adventure menggunakan sasis berbentuk cangkang dari pelat logam yang terbuat dari baja. Dengan peningkatan di sektor ini, membuat rangka motor menjadi lebih optimal dari segi ruang pemasangan dan tingkat kekakuan dari sebelumnya.
Sementara rangka belakang kini menggunakan aluminium yang ditempa dengan bentuk kisi. Komponen ini menggantikan struktur konstruksi baja tubular dari model lamanya.
BMW R 1300 GS juga mendapatkan Electronic Dynamic Suspension Adjustment (DSA) baru sebagai perlengkapan standar dari pabrik. Komponen ini mendapatkan penyesuaian dinamis pada peredaman dan spring rate, serta kompensasi beban.
Di generasi sebelumnya, suspensi elektronik sudah menawarkant ingkat keamanan berekndara yang tinggi, kini dengan DSA baru, bisa memberikan keamanan lebih jauh. Terlebih komponen ini bisa menggabungkan penyesuaian dinamis pada peredaman depan dan belakang yang diintegrasikan pada mode berkendar ayang dipilih.
BMW juga menyematkan Automated Shift Assistant (ASA) pada R 1300 GS Adventure. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk memilih untuk menggunakan transmisi manual atau otomatis.
Fitur lain yang tak kalah menarik adalah hadirnya Riding Assistant dengan Active Cruise Control, Front Collision Warning, Lane Change Warning, dan Rear End Collision Warning. Fitur-fitur ini cukup canggih di sebuah motor, mengingat biasanya fitur tersebut hanya diberikan pada pabrikan mobil saja.
Yang paling menarik dari BMW R 1300 GS Adventure terbaru ini adalah tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas 30 liter. Dengan kapasitas tersebut, membuat dimensinya semakin besar, namun tetap praktis bahkan bisa dipasangkan tankbag cerdas.
Dengan semua pembaruan di BMW R 1300 GS Adventure, motor ini dibanderol dalam 6 varian. Di varian paling murah, motor ini dibanderol Rp1,46 miliar dan varian termahalnya dijual sebesar Rp1,55 miliar.