Sport

Boaz dan Lilipaly Jadi Kandidat Pemain Terbaik Piala AFF versi FOX Sports

  • 13 December 2016
  • Bagikan :

    JAKARTA, JUARA.net - Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand di final Piala AFF 2016. Situs penyiar resmi turnamen, FOX Sports Asia, pun mengeluarkan para kandidat pemain terbaik turnamen edisi sekarang.

    Teerasil Dangda (Thailand)

    Kapten dan juga striker Thailand, Teerasil Dangda menguasai bola saat timnya bersua Singapura di Philippine Sports Stadium, Selasa (22/11/2016) sore.
    Kapten dan juga striker Thailand, Teerasil Dangda menguasai bola saat timnya bersua Singapura di Philippine Sports Stadium, Selasa (22/11/2016) sore. (KUKUH WAHYUDI/BOLA/JUARA.NET)
    FOX menjelaskan bahwa sang striker veteran telah memenuhi ekspektasi besar di pundaknya. Sebagai seorang finisher tulen, Teerasil tajam memanfaatkan peluang.

    Ia membukukan hat-trick kontra Garuda pada laga pertama dan mempunyai kualitas tinggi dalam menyelesaikan dua kans kontra Myanmar. FOX juga menjelaskan bahwa sulit untuk memalingkan sang striker dari penghargaan pemain terbaik jika ia kembali tajam di final.

    Boaz Solossa (Indonesia)

    Kapten yang juga penyerang timnas Indonesia, Boaz Solossa mengejar bola saat laga kontra Thailand di Philipinne Sports Stadium, Sabtu (19/11/2016).
    Kapten yang juga penyerang timnas Indonesia, Boaz Solossa mengejar bola saat laga kontra Thailand di Philipinne Sports Stadium, Sabtu (19/11/2016). (KUKUH WAHYUDI/BOLA/JUARA.NET)
    Berbicara mengenai kapten Merah Putih, FOX mengatakan bahwa Boaz merupakan inspirasi bagi timnya. "Ia berlari tak kenal menyerah sembari menjadi pemimpin lini depan pasukan Alfred Riedl," tulis situs tersebut.

    Kontribusi gol-gol penting Boaz dan assistnya ke gol Stefano Lilipaly kontra Vietnam juga tak luput dari atensi mereka.

    Stefano Lilipaly (Indonesia)

    Gelandang timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, coba merebut bola dari Thailand pada partai pertama Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports 2016.
    Gelandang timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, coba merebut bola dari Thailand pada partai pertama Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports 2016. (KUKUH WAHYUDI/JUARA/BOLA)
    Nominasi terhadap Lilipaly sedikit unik. FOX menggambarkannya sebagai "seorang yang relatif tak terkenal sebelum turnamen ini". Mereka menulis bahwa permainan trengginas dan komplit Lilipaly menjustifikasi penuh keputusan Alfred Riedl memilihnya.

    Chanathip Songkrasin (Thailand)

    Pemain Thailand, Chanatip Songkrasin, digendong rekan setimnya setelah mencetak gol kontra Myanmar di laga semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, pada 8 Desember 2016.
    Pemain Thailand, Chanatip Songkrasin, digendong rekan setimnya setelah mencetak gol kontra Myanmar di laga semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, pada 8 Desember 2016. (LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP)
    FOX kembali menekankan bahwa Songkrasin adalah pemain terbaik turnamen 2014. Namun, mereka juga menulis bahwa dampak Songkrasin ke turnamen ini tak sebesar dua tahun lalu. "Hanya, ia tetap hebat walau tidak berada dalam permainan terbaik sehingga ia tetap layak masuk perhitungan untuk memenangi penghargaan pemain terbaik untuk kedua kalinya secara beruntun," tulis mereka.

    Sarawut Masuk (Thailand)

    Pemain Thailand, Sarawut Masuk (kanan) dan Teerasil Dangda (kiri), berjalan usai mencetak gol kontra Myanmar di partai semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, pada 8 Desember 2016.
    Pemain Thailand, Sarawut Masuk (kanan) dan Teerasil Dangda (kiri), berjalan usai mencetak gol kontra Myanmar di partai semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, pada 8 Desember 2016. (LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP)
    Naluri bermain Masuk mendapat perhatian khusus dari FOX. Mereka mengatakan bahwa sang pemain sayap kerap berada di waktu dan tempat tepat bagi Thailand, terutama ketika ia mencetak gol kemenangan di dua laga grup Thailand.

    Selain itu, golnya pada semifinal kedua lawan Myanmar juga menunjukkan bahwa Thailand mungkin tak akan maju sejauh ini tanpa kontribusi pemain bernomor punggung 14 tersebut.

    Timnas sendiri akan melakoni partai final pertama melawan Thailand di Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016). Leg kedua bakal bergulir pada Sabtu (17/12/2016) di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand.

    © Juara