Auto

Bos Toyota Indonesia: Mau SPK GR Yaris, Tapi Gak Dapet!

  • 22 October 2021
  • Bagikan :
    Bos Toyota Indonesia: Mau SPK GR Yaris, Tapi Gak Dapet!

    Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy (kanan) bersama salah satu pembalap andalan  Toyota Team Indonesia (TTI) Demas Agil pada acara Media Test Drive GR Yaris, di Serpong, Tangerang, Kamis (21/10).

    Uzone.id - Toyota memberikan kesempatan untuk menjajal mobil spek rally beneran, GR Yaris. Hatchback yang dijual sangat terbatas di Indonesia seharga Rp800 jutaan lebih ini pun ternyata banyak peminat.

    "Perkiraan kami paling hanya 200 orang yang SPK, ternyata sampai 600. Jadi harus di undi. Saya aja sudah sempat SPK, tapi gak dapet," ujar Anton Jimni Suwandy, Direktur Marketing Toyota Astra Motor kepada Uzone.id.

    Anton yang mengaku sudah mencoba langsung GR Yaris yang dibangun dari nol oleh Gazoo Racing ini langsung kepincut, dengan sosoknya, dengan performa dan juga handlingnya.

    BACA JUGA: Kawasaki Ninja ZX600 R Jadi Tongkrongan Ahmad Dhani Muda

    "Saya sudah mencobanya langsung dan ini memang mobil balap yang dirancang buat harian. Coba perhatiin aja kabinnya, gak beda dengan mobil harian, tapi kapan pun mau dipakai balap, bisa banget," tambahnya.

    Itu kenapa peminat GR Yaris di Indonesia ternyata begitu banyak dan diluar perkiraan TAM sendiri. "Menurut saya karena ini homologation car yang diproduksi sangat terbatas, jadi sangat diminati karena bakal jadi mobil langka," ujar Anton lagi.

    Homologasi adalah proses sertifikasi atau pengesahan terhadap sebuah mobil agar bisa mengikuti sebuah kejuaraan balap. Toyota GR Yaris ini dibuat untuk memenuhi syarat homologasi FIA di kejuaraan reli dunia atau World Rally Championship (WRC).

    Karena nantinya belum tentu akan di produksi lagi, Anton mengatakan kalau mobil ini bakal jadi buruan para petrolhead karena punya potensi jadi mobil langka yang layak di koleksi.

    Toyota Gazoo Racing sendiri menggandeng pebalap WRC paling sukses, Tommi Mäkinen untuk menggarap GR Yaris. GR Yaris tercatat pernah menjadi juara konstruktor WRC 2018 dan juara pebalap WRC pada 2019.

    Untuk pasar Indonesia, hanya mendapatkan jatah 126 unit dari 25 ribu unit GR Yaris yang diproduksi untuk global dan tersedia dalam dua pilihan warna, Emotional Red 2 dan Platinum White Pearl MC.

    GR Yaris mengusung mesin 1.618cc 3-Silinder dengan Turbocharger, bertenaga 260 Hp pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 360 Nm pada 3.000-4.600 rpm.

    Mesin itu disalurkan melalui penggerak 4 roda (4WD) yang dikombinasi transmisi manual 6-percepatan dengan Intelligent Manual Transmission (iMT), plus fitur Limited Slip Differential (LSD).

    Komparasi Dua Motor Listrik Lokal Terbaik

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini